Amerika Serikat Tak Wajibkan Tes Covid-19 pada Penerbangan Domestik

Presiden AS terpilih Joe Biden dan istrinya Jill Biden, serta Wakil Presiden AS terpilih Kamala Harris dan suaminya Douglas Emhoff tiba di Gedung Capitol untuk mengikuti proses pelantikan, Rabu (20/1/2021). JIBI - Bisnis/Nancy Junita
13 Februari 2021 23:07 WIB Amanda Kusumawardhani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat Joe Biden menghapus kewajiban tes Covid-19 untuk penerbangan domestik karena berdasarkan kajian ilmiah, kebijakan tersebut tidak efektif terhadap persebaran virus Corona.

Administrasi Biden menyatakan kebijakan penghapusan tes Covid-19 untuk semua penerbangan domestik ini mengikuti rekomendasi Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

“Presiden Biden telah mengambil sejumlah upaya untuk menciptakan perjalanan yang aman, termasuk mewajibkan penggunaan masker dalam penerbangan, tes Covid-19 sebelum keberangkatan dan karantina bagi turis asing,” kata juru bicara Gedung Putih Kevin Munoz, dikutip Bloomberg, Sabtu (13/2/2021).

Untuk kali ini, ia mengatakan CDC tidak merekomendasikan tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan domestik sehingga pemerintah akan mengikuti saran itu.

Kebijakan ini keluar setelah adanya wacana tes sebelum keberangkatan yang dilontarkan Direktur CDC Rochelle Walensky.

Wacana tersebut langsung menuai reaksi dari maskapai penerbangan dan serikat karena industri sudah tertekan akibat pandemi Covid-19.

Namun, ketika dikonfirmasi ke Sekretaris Transportasi Pete Buttigieg, ia menyatakan semuanya masih dalam pembahasan dengan CDC.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia