Advertisement

Amerika Serikat Tak Wajibkan Tes Covid-19 pada Penerbangan Domestik

Amanda Kusumawardhani
Sabtu, 13 Februari 2021 - 23:07 WIB
Budi Cahyana
Amerika Serikat Tak Wajibkan Tes Covid-19 pada Penerbangan Domestik Presiden AS terpilih Joe Biden dan istrinya Jill Biden, serta Wakil Presiden AS terpilih Kamala Harris dan suaminya Douglas Emhoff tiba di Gedung Capitol untuk mengikuti proses pelantikan, Rabu (20/1/2021). JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat Joe Biden menghapus kewajiban tes Covid-19 untuk penerbangan domestik karena berdasarkan kajian ilmiah, kebijakan tersebut tidak efektif terhadap persebaran virus Corona.

Administrasi Biden menyatakan kebijakan penghapusan tes Covid-19 untuk semua penerbangan domestik ini mengikuti rekomendasi Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Advertisement

“Presiden Biden telah mengambil sejumlah upaya untuk menciptakan perjalanan yang aman, termasuk mewajibkan penggunaan masker dalam penerbangan, tes Covid-19 sebelum keberangkatan dan karantina bagi turis asing,” kata juru bicara Gedung Putih Kevin Munoz, dikutip Bloomberg, Sabtu (13/2/2021).

Untuk kali ini, ia mengatakan CDC tidak merekomendasikan tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan domestik sehingga pemerintah akan mengikuti saran itu.

Kebijakan ini keluar setelah adanya wacana tes sebelum keberangkatan yang dilontarkan Direktur CDC Rochelle Walensky.

Wacana tersebut langsung menuai reaksi dari maskapai penerbangan dan serikat karena industri sudah tertekan akibat pandemi Covid-19.

Namun, ketika dikonfirmasi ke Sekretaris Transportasi Pete Buttigieg, ia menyatakan semuanya masih dalam pembahasan dengan CDC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ratusan PNS Sleman Dapat Penghargaan Satyalancana Karya Satya

Sleman
| Jum'at, 26 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement