Aktivitas di Wuhan Berangsur Normal, Warga Bersiap Rayakan Imlek

Suasana di Wuhan jelang libur Tahun Baru Imlek, 8 Februari 2021. - Reuters/ Aly Song
12 Februari 2021 07:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, WUHAN- Kota yang disebut-sebut sebagai tempat munculnya Virus Covid-19 yakni Kota Wuhan di China, telah kembali dipadati penduduk sejak beberapa bulan lalu pasca diserang wabah Covid-19.

Orang-orang kembali memadati jalan-jalan di pusat kota sembari melakukan persiapan terakhir untuk Tahun Baru Imlek.

Wabah, yang pertama kali muncul di Wuhan pada akhir 2019, telah mendorong pihak berwenang untuk memberlakukan penghentian total antara akhir Januari hingga awal April tahun lalu, karena rumah sakit dipenuhi orang terinfeksi Covid-19.

Baca juga: Wow, Batman dan Supergirl Naik KRL Solo-Jogja, Ini yang Mereka Lakukan

Menjelang Tahun Baru Imlek, Wuhan dilaporkan hampir kembali normal. Sebagian besar wilayah telah bebas virus selama berbulan-bulan.

"Saya merasa senang," ucap seorang warga Wuhan, Song Bo dikutip Channel News Asia.

Perayaan Imlek tahun ini tentu berbeda dengan tahun lalu saat virus corona SARS Cov-2 masih mewabah di kota tersebut. Song Bo menceritakan, keluarganya saat itu hanya tinggal di rumah selama perayaan.

Baca juga: Ini Pesan Menag Yaqut untuk Warga Tionghoa di Tahun Baru Imlek

"Tanpa melakukan apa-apa atau tidur di rumah setiap hari. Tahun ini, meski kami masih harus memakai masker, jauh lebih baik," ujarnya.

Kondisi itu disambut baim juga oleh para penjual yang telah mulai menjajakan dagangannya. Selama akses kota Wuhan ditutup totaltahun lalu, praktis seluruh toko kehilangan konsumen. Kondisi saat ini dinilai telah jauh lebih baik.

"Sekarang, bisnis pulih dan saya puas dengan penjualan saya," kata Li Hong Gang, seorang penjual lentera di Wuhan.

Sumber : Suara.com