Advertisement

Bamusi Sebut 109 Kepala Daerah dari PDIP adalah Kader NU

Newswire
Minggu, 31 Januari 2021 - 14:37 WIB
Nina Atmasari
Bamusi Sebut 109 Kepala Daerah dari PDIP adalah Kader NU Nahdlatul Ulama (NU). - commons.wikimedia.org

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Ratusan kader Nahdlatul Ulama kini telah menjadi kepala daerah di Indonesia. Hal itu terungkap dari pernyataan Ketua Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Zuhairi Misrawie. Bamusi adalah sayap organisasi PDI Perjuangan.

Menurut Zuhairi Misrawie, yang dikenal dengan sapaan Gus Mis, setidaknya 109 kepala daerah yang diusung PDIP merupakan kader Nahdlatul Ulama (NU). Jumlah ini merupakan yang terbanyak di antara kader NU di partai-partai politik lainnya.

Advertisement

Gus Mis, dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Minggu (31/1/2021), mengatakan keharmonisan Bung Karno dan Kiai NU bisa dilihat dari rejam jejak sejarah, khususnya saat Bung Karno menyampaikan pidato Pancasila 1 Juni 1945.

Baca juga: Masjid Istiqlal Jadi Tempat Kaderisasi Calon Ulama, Pendidikannya Setara S-3

"Kiai-kiai NU berada di garda terdepan dalam memberikan dukungan pada Pancasila. Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari (pendiri NU) melakukan puasa dan salat istikharah, memohon pertolongan kepada Allah SWT agar Pancasila dapat menjadi elang pemersatu bangsa," tutur Gus Mis.

Fakta itu, lanjut Gus Mis, berlangsung secara konsisten dengan dukungan penuh NU terhadap Bung Karno dan ideologi Pancasila.

"Dalam muktamar NU 1984, NU menyebutkan Pancasila sebagai ideologi yang di dalamnya sejalan dengan nilai-nilai keislaman. Ini membuktikan NU menjadi penjaga terdepan ideologi Pancasila. Tugas kita, menurut NU, adalah mengamalkan setiap sila di dalam Pancasila dalam kehidupan nyata," papar cendikiawan NU itu.

Tak hanya itu, momen tersebut lalu disempurnakan saat penetapan 1 Juni 1945 sebagai hari lahirnya Pancasila yang diusulkan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

Baca juga: Laporan ke Mahkamah Internasional soal Penembakan Laskar FPI Sudah Diterima

"Sehingga Pancasila benar-benar menghujam dalam sanubari warga-bangsa. Penetapan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahirnya Pancasila membuktikan betapa NU dan PDI Perjuangan berada dalam satu napas perjuangan," ujarnya.

Bukti konkret lainnya, menurut Gus Mis, PDIP saat ini memiliki 109 kepala daerah yang merupakan kader NU.

Ke depan, Gus Mis meyakini kebersamaan PDI Perjuangan dan NU akan semakin memperkokoh semangat kebangsaan.

"Keyakinan ini akan terus membuncah, karena keyakinan kita pada Pancasila sebagai penuntun kita yang di dalamnya meniscayakan gotong-royong, kolaborasi, kerja sama, dan kebersamaan. Kolaborasi PDI Perjuangan dan NU telah menjadikan negeri ini semakin solid dan kokoh sehingga menjadi negara yang berdaulat," tukas dia.

Hari ini, PDI Perjuangan menggelar perayaan hari lahir atau Harlah Ke-95 NU di Kantor DPP PDI Perjuangan yang secara virtual juga diikuti seluruh kader se-Indonesia.

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Agama Hamka Haq menyebut perayaan Harlah Ke-95 NU merupakan peringatan sejarah atas semangat juang yang sama dari kaum nasionalis dan Islam.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, Sekjen Hasto Kristiyanto, dan tokoh-tokoh PDI Perjuangan yang berasal dari kader NU baik di legislatif maupun eksekutif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wanita Berkebaya Gelar Aksi dengan Mata Tertutup di Tugu Jogja, Merespons Jelang Pembacaan Putusan MK

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement