Menkes Budi Ingin Makan Banyak Usai Divaksin Covid--19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mendapat vaksinasi Covid-19 kedua, Rabu (27/1/2021). JIBI - Bisnis/Nancy Junita
27 Januari 2021 12:37 WIB Mutiara Nabila News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengaku tak merasakan efek samping berlebihan setelah mendapat vaksinasi Covid-19 CoronaVac dari Sinovac.

“Suntikan kedua sama, nggak terasa sakit seperti yang pertama dan Alhamdulillah sehat,” kata Budi usai divaksin dosis kedua, Rabu (27/1/2021).

BACA JUGA : Rapid Antigen Positif, Wabup Bantul Isolasi Mandiri di RSUD

Budi mengaku, setelah penyuntikan pertama tidak mengalami sakit melainkan jadi ingin makan banyak. Tapi, dia mengaku tak ada efek samping yang serius.

“Mudah-mudahan ini jadi contoh memotivasi seluruh tenaga kesehatan di Indonesia, agar mereka yang belum dapat suntikan pertama mengejar suntikan pertama, dan yang sudah segera menyuntk suntikan kedua,” kata Budi.

Pasalnya, setelah suntikan kedua pun masih butuh waktu bagi tubuh sampai antibodi terbentuk, yakni sekitar 2-3 pekan. Setelah itu, harapannya mungkin risiko tertular Covid-19 bisa lebih kecil sehingga nakes bisa bekerja lebih tenang.

Dengan kasus Covid-19 yang sudah menembus 1 juta, Budi juga mengimbau bahwa meskipun sudah ada vaksin, masyarakat agar tetap patuh pada protokol kesehatan.

BACA JUGA : Dinkes Minta Masyarakat Patuh saat Jalani Isolasi Mandiri

“Saya pesan 2 hal, pertama protokol kesehatan 3M itu harus seluruh rakyat bergerak bersama, tidak mungkin kita sendiri bisa. Dari Kemenkes saya akan pastikan 3T akan mati-matian kita kejar secepat-cepatnya dan seluas-luasnya,” imbuhnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia