Jokowi Kunjungi Lokasi Terdampak Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo menuju Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Selasa (18/1/2021). - Lukas / Biro Pers Sekretariat Presiden
19 Januari 2021 11:17 WIB Mutiara Nabila News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengunjungi Provinsi Sulawesi Barat untuk meninjau penanganan gempa pada Selasa (19/1/2021). Jokowi melakukan kunjungan bersama dengan rombongan terbatas dan tetap melakukan protokol kesehatan secara ketat, menggunakan masker dan menjaga jarak.

Jokowi meluncur menuju Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma sekitar pukul 07.35 WIB.

BACA JUGA : 81 Orang Tewas Akibat Gempa Sulawesi Barat

Beberapa titik yang ditinjau Jokowi bersama rombongan antara lain posko pengungsian bagi warga terdampak gempa dan rumah warga yang rusak, serta sarana prasarana umum yang berlokasi di Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene.

Dari Kabupaten Majene, Presiden juga akan mengunjungi Mamuju untuk meninjau salah satu lokasi terdampak gempa dan lokasi pengungsian lainnya.

Sebelumnya, pada Senin (18/1/2021), Jokowi juga telah melakukan kunjungan ke Provinsi Kalimantan Selatan yang terdampak banjir.

Presiden meninjau sejumlah sarana di daerah tersebut yang rusak akibat banjir dan menginstruksikan agar bantuan logistik bagi para pengungsi dapat disiapkan secepatnya.

BACA JUGA : Kerugian Fisik & Ekonomi Gempa Sulbar Diperkirakan Capai Rp10,21 Triliun

“Banjir terjadi di hampir 10 kabupaten kota, ini banjir yang terjadi lebih dari 50 tahun tidak terjadi. Saya ingin mengirimkan duka cita mendalam atas korban yang meninggal di Kalimantan Selatan, dan warga yang ditinggalkan mendapatkan kesabaran dan keikhlasan,” ujarnya kemarin.

Adapun, menuju Provinsi Sulawesi Barat, Presiden didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. 

 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia