Gempa Sulbar, 42 Orang Meninggal Dunia

Foto ilustrasi. - Antara Foto
16 Januari 2021 16:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -  Gempa bumi yang menerjang Sulawesi Barat pada Jumat (15/1/2021) kemarin mengakibatkan 34 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan delapan orang tewas di Kabupaten Majene. Sementara ratusan warga lainnya diketahui mengalami luka berat dan ringan.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati mengatakan, 189 orang di Kabupaten Mamuju yang mengalami luka berat sudah mendapatkan perawatan.

Sementara itu, 637 orang mengalami luka ringan di Kabupaten Majene dan mendapatkan penanganan rawat jalan.

"Serta kurang lebih 15.000 orang mengungsi di 10 titik pengungsian," kata Raditya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/1/2021).

Kemudian untuk pasien yang dirawat di rumah sakit terdampak sudah dievakuasi sementara ke RS Lapangan.

Raditya menjelaskan bahwa BPBD Kabupaten Majene, Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Polewali Mandar masih melakukan pendataan dan mendirikan tempat pengungsian serta beroordinasi dengan TNI-Polri, Basarnas, relawan dan instansi terkait dalam upaya pencarian para korban terdampak gempa tersebut.

Terkait masalah arus listrik, Kabupaten Majene masih melakukan proses perbaikan sehingga seluruh wilayah masih dalam keadaan padam.

"Sedangkan sebagian wilayah di Kabupaten Mamuju sudah dapat dialiri listrik dan sebagian lainnya masih mengalami gangguan," tuturnya.

Sumber : suara.com