Advertisement

Kecelakaan Sriwijaya Air SJ-182, DPR Minta Regulator Tingkatkan Pengawasan

Anitana Widya Puspa
Kamis, 14 Januari 2021 - 08:37 WIB
Sunartono
Kecelakaan Sriwijaya Air SJ-182, DPR Minta Regulator Tingkatkan Pengawasan Ilustrasi. Penumpang pesawat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Komisi V DPR RI meminta pemerintah sebagai regulator untuk aktif dalam meningkatkan pengawasan terhadap keamanan dan keselamatan penerbangan usai terjadinya kecelakaan Sriwijaya Air SJ-182.

Ketua Komisi V DPR Lasarus mengatakan ada atau tidaknya peringkat bagi maskapai tidak berpengaruh terhadap tingkat keselamatan maskapai. Faktor yang lebih utama adalah regulator meningkatkan pengawasan karena tragedi jatuhnya SJ-182 mempengaruhi citra maskapai Indonesia di mata dunia.

Advertisement

BACA JUGA : Korban Pertama Sriwijaya Air yang Terindentifikasi Adalah Pramugara

Meskipun memang penyebab pasti kecelakaan tersebut belum terungkapkan. Namun, standar keselamatan menjadi hal yang paripurna dan tidak bisa ditawar yang tak bisa diukur hanya melalui peringkat.

"Kecelakaan kemarin [SJ-182] itu kan memang banyak faktor dan belum tahu penyebab pastinya. Tapi mengganggu image kita di luar negeri terkait dengan pengawasan. Standarnya memang harus menjadi premium dan paripurna," kata Lasarus, Rabu (13/1/2021).

Bisnis aviasi di Indonesia kini kembali menjadi sorotan dunia. Ini terjadi setelah pesawat Sriwijaya Air yang mengangkut 62 penumpang dan kru pesawat jatuh di Kepulauan Seribu selang beberapa menit setelah lepas landas.

BACA JUGA : Ini Penyebab Black Box Sriwijaya Air SJ182 Belum Ditemukan

Hal tersebut menandai kecelakaan besar ketiga yang melibatkan maskapai penerbangan di Indonesia selama enam tahun terakhir.

Bahkan berdasarkan Reuters, sebelum kecelakaan itu terjadi, ada 697 korban jiwa di Indonesia selama satu dekade terakhir termasuk kecelakaan pesawat militer dan swasta. Menurut database Jaringan Keselamatan Penerbangan, angka ini menjadikan Indonesia sebagai pasar penerbangan paling mematikan di dunia - di depan Rusia, Iran dan Pakistan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bertanding Malam Ini, Berikut Susunan Pemain dan Head to Head Persik Kediri vs PSS Sleman

Sleman
| Rabu, 24 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement