Advertisement

Bio Farma Pastikan Distribusi Vaksin Covid-19 Tanpa Kendala

Newswire
Minggu, 03 Januari 2021 - 19:37 WIB
Budi Cahyana
Bio Farma Pastikan Distribusi Vaksin Covid-19 Tanpa Kendala Petugas mengecek kontainer berisi vaksin Covid-19 saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (6/12/2020). - Antara/Dhemas Reviyanto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - PT. Bio Farma (persero) memastikan distribusi vaksin Covid-19 bisa berlangsung lancar tanpa kendala.

Disebutkan pihak Bio Farma, ddistribusi vaksin Covid-19 tidak akan terhambat seperti yang dibayangkan banyak orang.

Advertisement

Terlebih, program vaksinasi bukanlah kali pertama dilakukan Indonesia. VaksinasiĀ sudah dilakukan bertahun-tahun di Tanah Air.

"Ini bukan program vaksinasi pertama kali yang dilakukan di Indonesia. Banyak sekali program vakisnasi telah dilakukan selama ini dan itu berjalan baik," tegas Juru Bicara Vaksin Covid-19 dari Biofarma Bambang Herianto.

Bambang menyebutkan tidak ada kendala distribusi vaksin Covid-19 ke seluruh Indonesia karena program itu sudah sering atau setiap tahun dilakukan pada program vaksinasi lain.

Bambang dalam konferensi pers secara daring yang dipantau di Jakarta, Minggu (3/1/2021), mengatakan pendistribusian vaksin Covid-19 tidak akan sulit lantaran letak geografis Indonesia yang beragam seperti dibayangkan banyak orang.

Bambang menyebut pendistribusian vaksin COVID-19 ke 34 provinsi di seluruh Indonesia sudah disiapkan dalam hal sarana prasarana mulai dari tempat penyimpanan, rantai dingin pengiriman, hingga ke fasilitas layanan kesehatan tempat pemberian vaksin.

Dia memastikan vaksin akan memenuhi persyaratan penyimpanan sesuai spesifikasi vaksin dalam proses rantai dingin pengiriman hingga penyimpanan yaitu dalam rentang suhu 2 hingga 8 derajat Celcius.

PT Bio Farma mendistribusikan tiga juta dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac ke 34 provinsi di Indonesia pada hari ini, Minggu, untuk persiapan pelaksanaan program vaksinasi tahap pertama.

Bambang menerangkan proses distribusi vaksin tidak hanya dilakukan oleh Biofarma melainkan melibatkan banyak pihak termasuk provinsi, kabupaten/kota, dan puskesmas.

Dia memastikan setiap sarana prasarana rantai dingin yang disiapkan telah memenuhi standar spesifikasi vaksin guna menjamin kualitas dan mutu vaksin yang diterima masyarakat.

Kendati vaksin didistribusikan hari ini, pelaksanaan program vaksinasi akan dimulai segera setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menerbitkan izin penggunaan darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement