Seorang Perawat Positif Covid-19 Sepekan Seusai Divaksin Pfizer

Ilustrasi - Bloomberg
31 Desember 2020 06:57 WIB Saeno News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Seorang perawat di California dinyatakan positif terkena virus Corona seminggu setelah mendapatkan vaksin Pfizer

Perawat berusia 45 tahun itu dinyatakan positif Covid-19 lebih dari seminggu setelah menerima vaksin virus Corona dari Pfizer, demikian dilaporkan media yang berafiliasi dengan ABC News, Selasa.

Mengutip Reuters, Selasa (30/12/2020) www.scmp.com menyebutkan Matthew W, nama perawat itu, bekerja di dua rumah sakit lokal yang berbeda. Dalam sebuah postingnya di Facebook pada 18 Desember, Matthew menyebutkan dia telah menerima vaksin Pfizer.

Kepada ABC, News Matthew mengatakan lengannya sakit selama sehari tetapi dia tidak menderita efek samping lainnya. Enam hari kemudian, pada Malam Natal, dia jatuh sakit setelah bekerja sift di unit perawatan Covid-19. Dia menggigil dan kemudian menderita nyeri otot dan kelelahan.

Dia pun segera pergi ke lokasi pengujian di rumah sakit dan dinyatakan positif Covid-19 sehari setelah Natal.

Vaksin virus Corona dari Pfizer diklaim memiliki keefektifan lebih dari 90%.

Sementara menurut Christian Ramers, seorang spesialis penyakit menular di Pusat Kesehatan Keluarga San Diego, skenario tersebut tidak terduga. “Kami tahu dari uji klinis perlu sekitar 10 hingga 14 hari bagi Anda untuk mulai mengembangkan perlindungan dari vaksin,” kata Ramers.

Ia menambahkan soal tahapan pemberian dosis dan efek yang diharapkan. "Dosis pertama yang kami pikir memberi Anda sekitar 50 persen, dan Anda membutuhkan dosis kedua itu untuk mencapai 95 persen," tambah Ramers.

Sejauh ini belum jelas apa yang menyebabkan perawat ini positif Covid-19 justru setelah mendapat vaksinasi.

Sumber : Bisnis.com