Advertisement

Cerita Sukarelawan yang Disuntik Vaksin Corona

Syaiful Millah
Kamis, 12 November 2020 - 15:07 WIB
Budi Cahyana
Cerita Sukarelawan yang Disuntik Vaksin Corona Ilustrasi vaksin virus Corona - Antara/Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Seorang sukarelawan yang disuntik vaksin virus Corona penyebab Covid-19 dari Pfizer dan BioNTech mengaku  mual dan pusing seusai menerima suntikan tersebut.

Kendati begitu, efek yang dirasakan tersebut sementara saja. Glenn Deshields yang berusia 44 tahun berasal dari Austin, Texas, mengungkapkan kondisi kesehatan yang kurang baik hanya muncul dalam jangka pendek.

Advertisement

Menurut laporan Express UK, Kamis (12/11/2020), beberapa orang yang tertular Covid-19 memiliki kemiripan saat disuntik vaksin flu. Efek sampingnya termasuk sakit kepala dan nyeri otot.

Sementara itu, sukarelawan lain, Carrie berusia 45 tahun dari Missouri mengatakan dirinya merasakan sakit kepala, demam, dan nyeri tubuh setelah mendapatkan suntikan pertamanya pada September 2020.

Carrie melanjutkan bawa efek sampingnya meningkat setelah dosis keduanya pada bulan lalu. Penting untuk dicatat bahwa percobaan ini buta ganda, artinya para peserta tidak tahu apakah mereka menerima vaksin atau plasebo.

Deshields bahkan mengalami gejala seperti mabuk. Guncangan pada sistem kekebalan membuatnya yakin tentang vaksin tersebut. Kendati mengalami berbagai efek samping, dia mengatakan tetap bersemangat dengan berita tentang efektivitas vaksin yang diumumkan awal pekan ini.

“Kakek saya, salah satu kenangan pertamanya adalah lonceng yang berdering ketika Perang Dunia Pertama berakhir. Itu adalah perang yang mengerikan dan orang senang itu telah berakhir. Kini saya merasakan hal yang saya, saya merasa seperti itu. Syukurlah ini akan berakhir suatu saat,” katanya.

Jika lolos dari semua pemeriksaan keamanan, vaksin Corona akan memiliki implikasi yang sangat besar untuk menghentikan pandemi Covid-19.

Namun demikian, pertanyaan kritis masih tetap ada tidak terkecuali terkait kemanjuran jangka panjang dari vaksin tersebut dan efek samping yang ditimbulkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Digelontor Danais Rp2,57 Miliar, 4 Kalurahan di Menoreh Ini Bakal Bangun Instalasi Air Bersih

Kulonprogo
| Jum'at, 19 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement