Rizieq Shihab Ziarah ke Permakaman Ma’la Sebelum Dideportasi & Kembali ke Indonesia

Rizieq Shihab - Reuters
09 November 2020 12:07 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Rizieq Shihab, dikenal sebagai Habib Rizieq, berziarah ke Permakaman Al Ma'la di Makkah, Arab Saudi, pada Senin (9/11/2020) sebelum kembali ke Indonesia lantaran dideportasi.

Al Ma’la adalah permakaman bersejarah bagi umat Islam dan menjadi salah satu yang tertua di Makkah. Kiai Nahdlatul Ulama (NU) Maimun Zubair atau Mbah Moen juga dimakamkan di sana setelah wafat saat akan menunaikan ibadah Haji.

Dikutip dari YouTube Front TV, Senin (9/11/2020), sejumlah kelompok ormas dan agama menyatakan siap menyambut dan mengawal kedatangan Rizieq Shihab.

Beberapa dari kelompok tersebut adalah PA 212 Kota Garut, Pondok Pesantren Al Habib Sholeh Al Haddad, Brigade Jawara Betawi 411, dan Moslem Fighter Al Fatih.

Ketua FPI Jawa Timur Mahdi al-Habsyi mengatakan mengerahkan anggota untuk berbondong-bondong menyambut kedatangan Muhammad Rizieq Shihab di Bandara Internasional Soekarno – Hatta, Tangerang, pada Selasa (10/11/2020).

“Insyaallah kami ikut menyambut kedatangan Habib Rizieq. Sebagian besar (anggota) sudah di Jakarta, dan jumlahnya dengan simpatisan 1.800 lebih,” kata Mahdi beberapa waktu lalu.

Sementara, Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, mengatakan visa Rizieq tidak diperpanjang oleh pemerintah Arab Saudi.

Rizieq hanya diberikan izin tinggal paling lambat sampai 11 November 2020 atau sembilan hari sejak mengurus kepulangan di Kantor Deportasi Syumaisi pada 2 November 2020.

Rizieq yang berstatus overstayer tidak mendapat perpanjangan visa, tapi diberi ta’syirat al-khuruj atau visa untuk keluar. Menurut dia, oni biasa bagi para WNI yang menjalani proses tarhil atau deportasi.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia