AP II Kejar Target 35 Juta Penumpang Pesawat Jelang Akhir Tahun

Warga berada di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten, Minggu (12/1/2020). Bisnis - Abdullah Azzam
09 November 2020 05:57 WIB Anitana Widya Puspa News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Hingga awal November 2020, PT Angkasa Pura II telah menembus angka psikologis jumlah penumpang di atas 30 juta orang di 19 bandara kelolaannya. Adapun, proyeksi hingga akhir tahun ini mencapai 35 juta penumpang pesawat.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan secara total kumulatif sepanjang tahun ini secara year-to-date atau pada 1 Januari – 7 November 2020, jumlah penumpang mencapai 30,04 juta orang.

BACA JUGA : Kecelakaan Kerja, Ahli Waris Karyawan PT Angkasa Pura

Seiring dengan itu, jumlah pergerakan pesawat tercatat 340.416 penerbangan dan angkutan kargo 561,27 juta kilogram.

“Jumlah penumpang per 7 November tersebut tergolong cukup tinggi mengingat beratnya perjalanan sepanjang tahun ini akibat dampak dari pandemi Covid-19,” kata Awaluddin melalui siaran pers, Minggu (8/11/2020).

Operator pelat merah tersebut memperkirakan jumlah penumpang sepanjang tahun yang berat di tengah pandemi ini dapat mencapai sekitar 34 – 35 juta penumpang.

Menurut Awal di tengah hantaman keras Covid-19 ini PT Angkasa Pura II dan stakeholder tetap berkomitmen mengoperasikan bandara dengan operasional dan layanan sesuai standar yang ditetapkan regulator, ditambah dengan protokol kesehatan guna mencegah Covid-19 dan berbagai prosedur lain seperti misalnya terkait keimigrasian dan kepabeanan.

Awal meyakini dengan upaya-upaya tersebut akan membuat masyarakat tetap yakin beraktivitas dan melakukan penerbangan dari bandara-bandara PT Angkasa Pura II. Perlahan, jumlah penumpang di 19 bandara meningkat hingga sekarang melewati angka psikologis 30 juta penumpang.

BACA JUGA : AP 1 Bersiap Menuju Situasi New Normal di 15 Bandara

Selain tentunya dengan memberikan insentif passenger service charge [PSC] bagi sejumlah bandara termasuk yang dikelola AP II.

Di samping itu, PT Angkasa Pura II dan maskapai juga berkoordinasi erat untuk optimalisasi slot time penerbangan, mengaktifkan kembali rute-rute yang sempat ditutup dan meningkatkan frekuensi penerbangan di rute eksisting.

Adapun, pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 207 rute Yogyakarta – Jakarta yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada 8 November sekitar pukul 13.30 WIB adalah penerbangan yang secara simbolis menandakan terlewatinya angka 30 juta penumpang di bandara PT Angkasa Pura II pada tahun ini.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia