Biden dan Trump Masih Imbang di Electoral College

Calon Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Joe Biden (kanan). - Istimewa
04 November 2020 17:47 WIB Reni Lestari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Perebutan suara electoral college menuju kursi presiden menyempit ke sejumlah kecil negara bagian. Baik Donald Trump maupun Joe Biden sama-sama berpeluang mendulang kemengan.

Dilansir Bloomberg, Rabu (4/11/2020), kini Biden mengantongi 238 electoral college melawan 213 suara untuk Trump. Salah satu dari keduanya harus mengumpulkan 270 electoral college untuk dinyatakan sebagai pemenang Pemilu.

Kemenangan Biden di Arizona, negara bagian yang dimenangkan Trump pada 2016 memberinya lebih banyak ruang untuk bernapas karena negara bagian yang identik dengan Partai Demokrat belum terhitung. Bahkan tanpa Pennsylvania, Biden bisa mencapai tepat 270 suara elektoral jika dapat memenangkan Michigan dan Wisconsin, serta Nevada.

BACA JUGA : Pemilu Capai Puncak, Apa Syarat Jadi Presiden AS

Negara bagian tersebut masih memiliki jumlah suara yang signifikan dari pemilih yang tidak hadir dan dukungan yang condong ke Demokrat. Pejabat pemilu di kedua negara bagian mengatakan penghitungan suara kemungkinan akan selesai Rabu malam waktu setempat.

Satu suara elektoral untuk Biden dari satu distrik di Nebraska bisa membuat perbedaan. Nebraska adalah salah satu negara bagian yang membagi electoral college-nya. Trump memenangkan distrik itu 2016 tetapi Biden memenangkannya kemarin.

Georgia dan Carolina Utara akan memberi Biden opsi tambahan, tetapi Trump tampaknya memiliki keunggulan di kedua negara bagian tersebut. Kemenangan Biden di Nevada, negara bagian yang dimenangkan Clinton pada 2016, tidak akan membantunya mendapatkan dukungan dari Trump.

Trump membutuhkan setidaknya empat dari negara bagian berikut untuk melewati 270 suara elektoral, yakni Georgia, North Carolina, Michigan, Pennsylvania, dan Wisconsin. Dia memenangkan semuanya pada 2016. Jika Biden memenangkan dua dari Michigan, Wisconsin, Pennsylvania, dan Georgia, dia akan menang.

BACA JUGA : Jika Joe Biden Menangi Pilpres AS 2020, Ini Respons di AS

Ada skenario di mana pertarungan bisa berakhir dengan satu suara elektoral atau bahkan seri. Maine juga membagi suaranya berdasarkan distrik kongres, dan salah satu dari dua distriknya tetap diperebutkan.

Jika Trump memenangkan suara itu dan kalah di Wisconsin dan North Carolina, baik Biden dan Trump akan memiliki 269 suara elektoral. Dalam hal itu, Trump kemungkinan akan memenangkan pemungutan suara di DPR, di mana setiap delegasi negara bagian mendapat satu suara.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia