Advertisement

Pemilu Capai Puncak, Apa Syarat Jadi Presiden AS?

Newswire
Rabu, 04 November 2020 - 14:27 WIB
Sunartono
Pemilu Capai Puncak, Apa Syarat Jadi Presiden AS? Joe Biden dan Donald Trump bersaing keras meraup suara terbanyak di Pilpres AS 2020. - JIBI - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Pemilu Amerika Serikat (AS) mencapai puncaknya hari ini. Pemilihan presiden sendiri dilakukan 3 November waktu setempat dan sudah mulai dilakukan penghitungan cepat.

Adapun kandidat calon presiden yang bersaing adalah Donald J Trump dan Joe Biden. Apa syarat untuk menjadi Presiden Amerika? Melansir Library of Congress, persyaratan hukum untuk calon presiden tidak berubah sejak Washington menduduki kursi kepresidenan.

Advertisement

BACA JUGA : Polling Pilpres AS: Joe Biden Lebih Unggul dari Trump

Dalam catatan Konstitusi tertuang, calon presiden haruslah warga negara Amerika Serikat yang lahir di sana, atau penduduk selama 14 tahun, dan berusia 35 tahun atau lebih. Persyaratan ini tidak melarang perempuan atau kandidat minoritas untuk mencalonkan diri.

Kebanyakan calon, dulu dan sekarang, berjuang keras untuk mendapatkan pengakuan dari partainya. Oleh karena itu, banyak politisi menjadikan ini sebagai pekerjaan dengan cara berpindah dari kota, ke negara bagian, ke kantor nasional.

Banyak orang tidak tahu bahwa calon presiden pertama, George Washington, sebenarnya enggan menerima jabatan itu. "Saya tidak bisa menjelaskan, emosi menyakitkan yang saya rasakan saat dipanggil untuk menentukan apakah saya akan menerima atau menolak menjadi Presiden Amerika Serikat," ungkap Washington dalam pidatonya tahun 1789.

BACA JUGA : Google Akan Blokir Iklan Pemilu AS

Awalnya, Washington bermaksud untuk pensiun dan pindah ke Gunung Vernon setelah Konvensi Konstitusional selesai. Tetapi, rasa tanggung jawab terhadap negaranya melebihi keinginannya untuk menarik diri dari kehidupan publik.

Washington bukan satu-satunya kandidat yang enggan menjadi presiden. James K. Polk juga menerima pencalonan partai Demokrat sebagai tugas, tidak mencari atau menolak.

Artikel ini telah tayang di okezone.com dengan judul Apa Saja Syarat Menjadi Presiden Amerika Serikat?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

KPU Gunungkidul Buka Pendaftaran PPK Pilkada 2024, Mau? Honor PPK Rp2,2 Juta

Gunungkidul
| Selasa, 23 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement