Advertisement

Update Hasil Pilpres AS: Seperti Ini Perang Trump vs Biden di Twitter

Feni Freycinetia Fitriani
Rabu, 04 November 2020 - 11:37 WIB
Nina Atmasari
Update Hasil Pilpres AS: Seperti Ini Perang Trump vs Biden di Twitter Joe Biden dan Donald Trump bersaing keras meraup suara terbanyak di Pilpres AS 2020. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2020 sedang berlangsung. Kedua calon Presiden, yaitu Donald Trump dan Joe Biden sama-sama menunggu proses penghitungan cepat yang saat ini dilakukan oleh sejumlah negara bagian.

Tak hanya berperang untuk memperebutkan suara warga AS, Trump dan Biden juga berusaha mengambil hati para pendukungnya lewat media sosial. Hal itu terlihat dari aktifnya kedua kandidat menggunakan Twitter untuk berkomunikasi dengan warga di dunia maya atau netizen.

Advertisement

Baik Trump maupun Biden, masih mencuitkan ajakan untuk memilih jelang detik-detik penghitungan suara Pilpres AS.

Berdasarkan penelusuran Bisnis, akun Twitter resmi Presiden Trump (@realDonaldTrump) terlihat aktif terakhir enam jam lalu. Akun Twitter POTUS (President of the United States) me-retweet akun partai Republik AS GOP (@GOP).

"Masih ada waktu untuk keluar dan memberikan suara Anda! Temukan lokasi pemungutan suara & pilih @realDonaldTrump #MakeAmericaGreatAgainAgain!," tulis @GOP seperti dikutip Bisnis, Rabu (4/11/2020).

Bukan itu saja, Trump juga menyematkan video kampanye dirinya pada cuitan teratas di profile Twitter. Dalam video berdurasi 2:12 detik tersebut terlihat kumpulan potongan video (footage) Trump berada di panggung sambil berjoged.

Video tersebut mendapat respons luar biasa dari pengikut (followers), yaitu mendapat likes sebanyak 750 ribu dan di-retweet lebih dari 250 ribu followers.

"VOTE! VOTE! VOTE!" tulis @realDonaldTrump.

Selain itu, Trump juga sangat percaya diri untuk memenangkan Pilpres AS 2020.

"[Perolehan suara] Kami terlihat sangat baik di hampir seluruh penjuru negara. Terima Kasih!" ucap Trump.

Tak mau kalah dengan Trump, Calon Presiden AS dari Partai Demokrat Joe Biden juga berupaka menjalin komunikasi dengan followers di Twitter.

Melalui akun Twitter resmi miliknya @JoeBiden, Mantan Wakil Presiden AS era Barack Obama tersebut mengajak pendukungnya untuk memberikan suara di detik-detik terakhir.

"Saat pemungutan suara mulai ditutup di beberapa bagian negara, ingatlah untuk tetap mengantre. Jika Anda mengantre di tempat pemungutan suara sebelum ditutup, Anda dapat memberikan suara," cuit @JoeBiden seperti dikutip Bisnis, Rabu (4/11/2020).

Selain itu, Joe Biden juga mengunggah video kampanye Pilpres AS dan menyematkan di-post teratas pada profil Twitter miliknya. Video tersebut berdurasi sangat singkat, yaitu 53 detik saja.

Berbeda dengan Trump yang menonjolkan dirinya saat kampanye, Joe Biden justru menampilkan sosok kaum muda atau millenial Amerika Serikat yang memakai kaos bertuliskan "VOTE BIDEN-HARRIS".

Video tersebut mendapat respons yang lebih sedikit ketimbang Trump, yaitu 92 ribu likes dan 15.700 re-tweet.

Perhelatan Pilpres AS menjadi topik paling populer atau trending topic di Twitter. Dari lima topik teratas di Twitter, tagar #Trump menempati posisi pertama dilanjutkan #Elections2020 di posisi kedua, dan #Texas di posisi kelima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mantan Rektor UNY dan Bupati Gunungkidul Bersaing Dapatkan Dukungan Partai di Pilkada

Gunungkidul
| Jum'at, 19 April 2024, 19:12 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement