Protokol Kesehatan Tak Boleh Dilupakan Saat Liburan

Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Harian Jogja/Dok
01 November 2020 12:27 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 selama liburan adalah hal yang mutlak dilakukan, terutama ketika liburan ke lokasi wisata yang ramai didatangi orang.

Sebelum bepergian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada sebelum pergi dan juga saat liburan sebagaimana dikutip dari mayoclinic.org berikut ini :

Sebelum Anda bepergian

Apakah Covid-19 menyebar di tempat tujuan Anda? Semakin banyak kasus di tempat tujuan Anda, semakin besar kemungkinan Anda tertular selama perjalanan.

Apakah Anda berisiko tinggi terkena penyakit parah? Siapa pun bisa tertular Covid-19, tetapi orang dewasa yang lebih tua dan orang dari segala usia dengan kondisi medis tertentu berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah akibat Covid-19.

Apakah Anda tinggal dengan seseorang yang berisiko tinggi terkena penyakit parah? Jika Anda terinfeksi saat bepergian, Anda dapat menyebarkan virus ke orang yang tinggal bersama Anda saat Anda kembali, meskipun Anda tidak memiliki gejala.

Tetap aman saat Anda bepergian

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan untuk mengikuti langkah-langkah berikut untuk melindungi diri Anda dan orang lain saat Anda bepergian:

  • Jaga jarak sejauh 6 kaki (2 meter) antara Anda dan orang lain sejauh mungkin.
  • Hindari kontak dengan siapa pun yang sedang sakit
  • Batasi kontak dengan permukaan yang sering disentuh, seperti pegangan tangan, tombol elevator, dan kios. Jika Anda harus menyentuh permukaan ini, gunakan pembersih tangan atau cuci tangan Anda sesudahnya.
  • Kenakan masker kain.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda.
  • Tutupi batuk dan bersin.
  • Bersihkan tangan Anda sesering mungkin. Ini sangat penting terutama setelah pergi ke kamar mandi, sebelum makan, dan setelah batuk, bersin atau membuang ingus.
  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik.
  • Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Tutupi semua permukaan tangan Anda dan gosokkan kedua tangan hingga terasa kering.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia