Advertisement

Hasil Seleksi CPNS 2019 Diumumkan: Ini Daftar Dokumen yang Dilengkapi Jika Lolos dan Cara Ajukan Sanggahan

Rika Anggraeni
Jum'at, 30 Oktober 2020 - 12:47 WIB
Budi Cahyana
Hasil Seleksi CPNS 2019 Diumumkan: Ini Daftar Dokumen yang Dilengkapi Jika Lolos dan Cara Ajukan Sanggahan Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Gedung Serba Guna Balekota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (1/2/2020). - Antara/ Adeng Bustomi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Seluruh Instansi pembuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) mengumumkan hasil seleksi pada Jumat (30/10/2020).

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyelesaikan tahapan rekonsiliasi integrasi hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Pada 23 Oktober 2020 Lalu.

Advertisement

Plt. Kepala Biro Hubungan Masyarakat Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono mengatakan bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi CPNS 2019 segera melakukan pemberkasan secara online melalui akun masing-masing peserta di laman resmi https://sscn.bk.go.id.

“Dengan mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH) dan mengunggahnya bersama dokumen lain yang diminta dalam proses pemberkasan,” tulisnya dalam keterangan pers seperti dikutip Bisnis, Jum’at (30/10/2020).

Berdasarkan Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 14 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan PNS.

Selamat untuk Anda yang lolos seleksi CPNS tahun ini! Berikut dokumen yang harus diunggah peserta yang akan digunakan sebagai dasar pengusulan Nomor Induk Pegawai (NIP):

1. Pas foto terbaru berpakaian formal dengan latar belakang berwarna merah.

2. Ijazah asli untuk lulus dalam negeri atau ijazah penyetaraan Dikti untuk lulusan luar negeri.

3. Transkrip asli.

4. Surat pernyataan 5 poin dalam Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 14 Tahun 2018, yaitu:

a. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih;

b. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Calon PNS atau PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta (termasuk pegawai Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah);

c. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;

d. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;

e. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.

5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku saat pemberkasan.

6. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter yang berstatus PNS atau dokter yang bekerja pada unit pelayanan kesehatan.

7. Surat keterangan tidak mengonsumsi atau menggunakan narkoba, psikotropika, serta zat-zat adiktif lainnya dari unit pelayanan kesehatan Pemerintah.

8. Bukti pengalaman kerja yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang (apabila memiliki masa kerja).

9. Daftar Riwayat Hidup (DRH) yang sudah ditandatangani.

Sementara itu, bagi peserta yang tidak dinyatakan lulus dapat mengajukan sanggahan dengan mengunggah bukti sanggahan ke portal SSCN.

“Sanggahan hanya bisa dilakukan satu kali, dengan masa sanggah selama 3 hari setelah pengumuman hasil akhir seleksi CPNS,” ujar Paryono.

Sanggahan tersebut, lanjutnya, instansi diberikan kesempatan menjawab sanggahan peserta dalam kurun waktu empat hari sejak pengumuman diterbitkan.

Kemudian, bagi peserta yang mengundurkan diri dapat menyampaikan surat pernyataan pengunduran diri di laman SSCN. Peserta yang mengundurkan diri hanya dapat digantikan peserta lain, jika pengunduran diri terjadi sebelum NIP ditetapkan BKN.

Peserta lain yang dapat menggantikan peserta seleksi yang mengundurkan diri adalah peserta selanjutnya dari peringkat tertinggi sesuai hasil integrasi nilai SKD dan SKB pada lowongan formasi jabatan dan ditetapkan dengan keputusan Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Sementara, BKN akan melaksanakan proses penetapan NIP CPNS 2019 secara online melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan aplikasi pendukung dokumen elektronik melalui laman https://docudigital.bkn.go.id.

“Penandatangan pertimbangan teknis (Pertek) penetapan NIP pun akan dilakukan secara digital (digital signature),” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City yang Laporkan Pengembang Ke Polda DIY Bertambah

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement