Advertisement

Pemerintah Tunjuk Sucofindo Uji dan Kalibrasi Alat Kesehatan

Saeno
Jum'at, 23 Oktober 2020 - 08:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pemerintah Tunjuk Sucofindo Uji dan Kalibrasi Alat Kesehatan HUT ke-64 Sucofindi diwarnai pengumuman penunjukkan dari Kementerian Kesehatan untuk melakukan pengujian dan kalibrasi fasilitas serta peralatan kesehatan. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menunjuk Sucofindo untuk melakukan pengujian dan kalibrasi fasilitas serta peralatan kesehatan.

Penunjukkan ini diumumkan secara resmi bersamaan dengan Hari Jadi Sucofindo ke-64 tahun.

Advertisement

Penunjukkan tersebut berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.02.02/I/344/2020 tentang Izin Operasional Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan.

“Kami berterima kasih kepada Kementerian Kesehatan karena telah memberikan kepercayaan untuk melakukan pengujian dan kalibrasi fasilitas kesehatan. Ini merupakan amanah yang akan kami laksanakan dengan penuh tanggung jawab,” kata Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin.

Menurutnya, dalam menjalankan izin operasi Kementerian Kesehatan, Sucofindo didukung fasilitas lengkap dengan peralatan canggih, serta sumber daya manusia (SDM) yang kompeten.

“Laboratorium Sucofindo siap memberikan pelayanan pengujian dan kalibrasi alat kesehatan untuk memenuhi kebutuhan pengujian produsen, distributor alat-alat kesehatan di seluruh Indonesia,” ujar Bachder.

Sucofindo juga dilengkapi laboratorium alat kesehatan. Laboratorium ini didirikan sebagai bentuk dukungan dalam merespons peraturan yang ada mulai dari Undang-Undang (UU) No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, hingga sejumlah aturan lainnya, seperti:

  • PP No. 72 Tahun 1998 Tentang Pengamanan sediaan Farmasi dan Alat Kesehatan
  • Permenkes 1190/VIII/2010 tentang izin Edar alat kesehatan dan Peralatan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT)
  • Permenkes No. 54 tahun 2015 tentang Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan, serta
  • UU No. 20 tahun 2014 tentang Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian

Bachder berharap ke depan Sucofindo dapat terus mendukung Kemenkes.

“Tak hanya berhenti dalam dukungan uji dan kalibrasi fasilitas kesehatan, ke depannya kami siap merespons kebutuhan Kementerian Kesehatan melalui jasa yang kami miliki,” katanya.

Sementara itu, Direktur Jendral Pelayanan Kesehatan Kemenkes Abdul Kadir menyatakan, dengan amanah yang diberikan, Sucofindo sebagai BUMN yang melakukan pengujian dan kalibrasi alat kesehatan dapat mendukung peran Kemenkes.

Direktur Jendral Pelayanan Kesehatan Kemenkes Abdul Kadir/Istimewa

Abdul Kadir menegaskan diperlukan kerja sama dalam melaksanakan program kesehatan sesuai dengan UU No.36 tahun 2009 tentang Kesehatan, Permenkes No. 54 Tahun 2015 tentang Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan.

Dia meyakini peran Sucofindo dalam pengujian dan kalibrasi fasilitas kesehatan.

“Laboratorium Sucofindo memiliki fasilitas yang lengkap dan SDM yang kompeten, serta dilengkapi operasional alat kesehatan. Kami yakin program ini dapat dikerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh,” tutur Abdul Kadir.

Saat ini laboratorium di Sucofindo dilengkapi dengan Jasa Pengujian Analisa Lingkungan, Minyak dan Gas, Analisa Kimia Umum, Kalibrasi dan Pengujian Teknik, serta Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan.

Layanan laboratorium Sucofindo kini tersebar di 57 unit di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement