Selain Bangun Infrastruktur, TMMD di Karanganyar Juga Ajak Warga Pakai Masker

Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Antara
04 Oktober 2020 04:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, KARANGANYAR -- Kegiatan Satuan tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-109 tahun 2020 di Karanganyar tidak hanya mengerjakan pembangunan infrastruktur.

Personel TNI juga melaksanakan operasi masker rutin. Kegiatan ini berlangsung selama program berlangsung di Desa Jatiwarno, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karanganyar. TMMD Reguler dimulai pada 22 September dan akan rampung pada 21 Oktober atau selama 30 hari.

Baca juga: Produk Farmasi dan Alat Kesehatan Didorong untuk Sertifikasi

Satgas TMMD tidak hanya mengemban tugas membangun infrastruktur sesuai target. Mereka juga mengemban tugas mengajak masyarakat menerapkan protokol kesehatan Covid-19 saat beraktivitas di luar rumah maupun bertemu banyak orang.

Seperti yang dilakukan anggota Satgas TMMD, Koptu Gunawan. Dia membagikan masker kepada masyarakat yang melintas di dekat lokasi TMMD. Sasarannya adalah masyarakat yang tidak mengenakan masker saat melintas. Dia juga akan mengingatkan protokol kesehatan lainnya, yakni mencuci tangan menggunakan sabun dan menjaga jarak.

Anggota lain dari satuan Polisi Militer TNI AD, Serda Sujai, menyampaikan satgas mengemban tugas melaksanakan operasi masker rutin. Tetapi sebelum itu, mereka wajib menyosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat.

Baca juga: 94 Persen Alat Kesehatan Indonesia Masih Diimpor

"Jadi bukan hanya mengoperasi masker. Tetapi mereka [Satgas TMMD] wajib menyosialisasikan dulu protokol kesehatan. Kami juga ikut dalam kegiatan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di desa. Intinya sosialisasi agar warga menggunakan masker saat ke luar rumah, mencuci tangan, dan menjaga jarak," jelas dia melalui siaran pers yang diterima Solopos.com dari bagian Penerangan Kodim 0727/Karanganyar, Sabtu (3/10/2020).

Pelaksanaan operasi masker tidak hanya pada momen tertentu. Satgas TMMD juga melaksanakan operasi masker saat berada di masyarakat. Contohnya, saat salah satu anggota Satgas TMMD, Serda Yuli, membeli pulsa di toko kelontong. Dia bertemu warga setempat yang juga hendak membeli pulsa. Sayangnya, remaja putri itu tidak mengenakan masker.

"Kami berikan masker. Kami juga mengingatkan agar selalu mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Itu upaya mencegah penularan Covid-19," tutur dia.

Sumber : Suara.com