Advertisement

Tak Hanya Covid-19, AS Larang Warganya Bepergian ke Indonesia karena 3 Faktor

Ropesta Sitorus
Rabu, 16 September 2020 - 07:57 WIB
Nina Atmasari
Tak Hanya Covid-19, AS Larang Warganya Bepergian ke Indonesia karena 3 Faktor Bendera Amerika Serikat - Investingnews.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Di masa pandemi Covid-19 ini, aktivitas bepergian apalagi keluar negeri dibatasi. Pemerintah Amerika Serikat lewat Departemen Luar Negeri mengeluarkan travel advisory atau larangan bepergian ke Indonesia.

Berdasarkan panduan perjalanan bagi warga AS yang dikutip dari situs travel.state.gov, Rabu (16/9/2020), AS merekomendasikan agar warganya tidak bepergian ke wilayah Indonesia.

Advertisement

"Indonesia Level 4: Do Not Travel," demikian tertulis di situs tersebut.

Baca juga: Terus Menggeliat, 50 Destinasi Wisata di Gunungkidul Telah Dibuka

Nasihat larangan tersebut adalah level yang tertinggi yang dilakukan karena ada potensi risiko yang besar dan mengancam jiwa.

Ada tiga faktor risiko yang menjadi alasan pemerintah AS mengeluarkan larangan tersebut yakni jumlah kasus positif Covid-19 yang saat ini semakin meningkat di Tanah Air. Risikonya dipandang semakin besar karena Indonesia sudah mencabut pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Selain itu, dua alasan lainnya yakni potensi serangan terorisme dan bencana alam. AS memandang serangan terorisme masih terus berkembang di Indonesia, bahkan sering terjadi tanpa ada peringatan awal, dengan target polisi, rumah ibadah, hotel, bar, mal, restoran, dan lain-lain.

Baca juga: 30 Juta Warga Korea Selatan Akan Disuntik Vaksin Corona

Adapun, untuk potensi risiko bencana alam seperti gempa, tsunami, dan letusan gunung berapi juga dianggap akan mengganggu transportasi, infrastruktur, sanitasi dan ketersediaan layanan kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Empat Tahun Ditiadakan karena Covid-19, Open House Lebaran Sultan HB X Hari Ini Dihadiri Ribuan Orang

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement