TNI Bakal Turun Tangan Disiplinkan Warga agar Patuh Protokol Kesehatan

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
14 Juni 2020 23:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Upaya Pemerintah menerapkan protoko kesehatan pencegahan Covid-19 akan didukung oleh TNI. Para Kepala Staf TNI menyatakan kesiapannya untuk turun tangan membantu pemerintah untuk mendisplinkan warga menjalankan adaptasi kebiasaan baru alias new normal di tengah pandemi virus corona covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo usai berolahraga bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/6/2020).

"Tentunya TNI Angkatan Laut akan tetap membantu percepatan penanganan Covid-19 ini. Sekarang pada tahap untuk pendisiplinan masyarakat tentunya kita juga akan lebih giat lagi, terutama pasukan-pasukan yang di lapangan untuk membantu pemerintah daerah untuk mendisiplinkan masyarakat," kata Laksamana TNI Yudo Margono.

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menambahkan, kesatuan yang dipimpinnya akan turut membantu pengiriman peralatan kesehatan ke seluruh penjuru Indonesia.

"Untuk TNI Angkatan Udara kami tetap siap untuk mendukung dan kami seperti contohnya kita melaksanakan pengiriman peralatan-peralatan kesehatan ke seluruh pelosok Tanah Air yang di mana ada pangkalan udara dan bandara. Kami juga tetap melaksanakan operasi-operasi udara karena tetap harus menjaga kedaulatan wilayah negara," ucap Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Sementara itu, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa menjelaskan bahwa Presiden secara khusus meminta angkatan darat bisa meneladani capaian mantan KSAD Jenderal TNI Pramono Edhie yang baru saja berpulang.

"Angkatan darat bisa meneladani apa yang bisa dicapai Pramono Edhy selama beliau menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat," tutup Jenderal TNI Andika Perkasa.

Untuk diketahui, Jokowi bersama ketiga Kepala Staf TNI sekitar pukul 08.00 WIB tampak berjalan santai mengelilingi Kebun Raya Bogor dengan tetap mengenakan masker dan menjaga jarak aman.

Setelah kurang lebih 30 menit berolahraga pagi, Kepala Negara bersama para Kepala Staf TNI kembali ke Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor untuk berbincang di veranda Istana.

Sumber : Suara.com