Advertisement

Ini Alur Infeksi Virus Corona dari Hewan ke Manusia

Desyinta Nuraini
Senin, 01 Juni 2020 - 21:07 WIB
Budi Cahyana
Ini Alur Infeksi Virus Corona dari Hewan ke Manusia Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sebuah tim ilmuwan yang mempelajari asal-usul virus Corona baru atau SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 menemukan bahwa virus Corona dari hewan mempunyai potensi untuk menginfeksi manusia dengan mengubah struktur tubuh mereka.  

Melakukan analisis genetik, para peneliti dari Universitas Duke, Laboratorium Nasional Los Alamos, Universitas Texas di El Paso dan Universitas New York mengkonfirmasi bahwa kerabat terdekat SARS-CoV-2 adalah virus corona yang menginfeksi kelelawar. Tetapi kemampuan virus untuk menginfeksi manusia diperoleh melalui pertukaran fragmen gen kritis dari virus Corona yang menginfeksi mamalia bersisik yang disebut pangolin atau trenggiling.

Advertisement

Para peneliti melaporkan bahwa perpindahan virus dari spesies ke spesies ini merupakan kemampuan mereka untuk mengikat sel inang melalui perubahan materi genetiknya. Dengan analogi, seolah-olah virus melengkapi kembali kunci yang memungkinkannya membuka kunci pintu sel inang, dalam hal ini sel manusia. Dalam kasus SARS-CoV-2, "kunci" yang dimaksud adalah lonjakan protein yang ditemukan pada permukaan virus. Virus corona menggunakan protein ini untuk menempel pada sel dan menginfeksinya.

"Sangat mirip dengan SARS asli yang melompat dari kelelawar ke musang, atau MERS yang berubah dari kelelawar menjadi unta Arab, dan kemudian ke manusia. Nenek moyang pandemi virus corona mengalami perubahan evolusioner dalam materi genetiknya dan memungkinkannya untuk menginfeksi manusia, "ujar Feng Gao, profesor kedokteran di Division of Infectious Diseases di Duke University School of Medicine dikutip dari Science Daily, Senin (1/6/2020).

Para peneliti juga menemukan bahwa coronavirus yang menginfeksi trenggiling berbeda dari SARS-CoV-2 sehingga tidak secara langsung menyebabkan pandemi Covid-19 pada manusia. Namun, mereka sama-sama memiliki situs pengikat reseptor untuk infeksi manusia. Situs pengikat ini memungkinkan untuk ditempelkan ke protein permukaan sel yang berlimpah pada sel-sel epitel pernapasan dan usus manusia, antara lain sel endotel dan sel ginjal.

Walaupun leluhur virus dalam kelelawar adalah yang paling dekat hubungannya dengan SARS-CoV-2, situs pengikatannya dianggap sangat berbeda, dan dengan sendirinya tidak dapat secara efisien menginfeksi sel manusia. Dikatakan bahwa SARS-CoV-2 tampaknya merupakan hibrida atau hasil persilangan antara virus kelelawar dan trenggiling untuk mendapatkan "kunci" reseptor yang diperlukan untuk infeksi manusia.

"Ada bagian dimana tingkat asam amino yang sangat tinggi berbeda antara yang menginfeksi manusia, kelelawar dan trenggiling. Ini menunjukkan bahwa virus tersebut berada di bawah seleksi inang yang sama dan mungkin membuat nenek moyang SARS-CoV-2 dapat dengan mudah melompat dari hewan ini ke manusia," kata Xiaojun Li dari Universitas Duke.

Peneliti sepakat ada urutan virus corona yang diambil dari trenggiling namun masih ada perbedaan pendapat tentang apakah mereka memainkan peran dalam evolusi SARS-CoV-2. "Dalam penelitian kami, kami menunjukkan bahwa memang SARS-CoV-2 memiliki sejarah evolusi yang kaya dan mencakup perombakan bahan genetik antara kelelawar dan pangolin coronavirus sebelum memperoleh kemampuannya untuk pindah ke manusia," sebut Elena Giorgi, staf ilmuwan di Los Alamos National Laboratory.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement