Advertisement

Kasus Covid-19 di Dunia Tembus 6 Juta, Sembuh 2,5 Juta

Hafiyyan
Sabtu, 30 Mei 2020 - 11:17 WIB
Sunartono
Kasus Covid-19 di Dunia Tembus 6 Juta, Sembuh 2,5 Juta Ilustrasi dokter akan menyuntikkan vaksin - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Jumlah pasien sembuh dari virus corona (Covid-19) mencapai 2,56 juta orang di seluruh dunia, sedangkan kasus sudah menembus 6 juta jiwa.

Dikutip dari www.worldometers.info, jumlah kasus Covid-19 di seluruh dunia mencapai total 5.090.977 hingga Sabtu (30/5/2020) waktu 0.40 GMT atau 07.40 WIB. Jumlah kematian mencapai 366.418 orang, dan pasien sembuh 2.656.144 orang. Artinya, jumlah pasien sembuh 7 kali lipat lebih banyak dari korban meninggal.

Advertisement

Kasus kematian di Brasil kini sudah menyalip Spanyol, dan menjadi terbesar kelima di seluruh dunia. Mengutip Bloomberg, belum ada perlambatan kasus terinfeksi virus dari negara dengan perekonomian terbesar di Amerika Latin itu.

Infeksi terutama terjadi di perkotaan sekitar 70 persen. Berdasarkan laporan UBS 6 dari 27 negara bagian di Brasil sedang menuju puncak kasus, sedangkan total kematian 21 negara bagian lainnya meningkat.

Kabar baik datangd dari Moderna, yang memulai uji coba vaksin yang menunjukkan keamanan dan kemanjuran. Presiden AS Donald Trump berencana untuk melanjutkan penggalangan dana langsung pada Juni 2020 untuk menentang pandemi.

Moderna Inc., salah satu perusahaan terkemuka yang mengembangkan vaksin corona virus, mengatakan telah memulai uji coba tahap pertengahan dan memberikan dosis kepada pasien pertama.

Studi terhadap 600 orang sebagai uji coba fase 2 akan memberi peserta yang sehat satu dari dua dosis suntikan, atau plasebo, kata Moderna dalam sebuah pernyataan. Mereka akan diperiksa untuk efek samping potensial, serta apakah itu menciptakan respon sistem kekebalan yang dapat melindungi terhadap virus yang menyebabkan Covid-19.

Perusahaan berencana untuk meluncurkan studi fase 3 yang lebih besar pada bulan Juli 2020 dengan sampel lebih banyak pasien, bekerja sama dengan Pemerintah AS Hasil yang dipublikasikan dari studi fase 1 masih tertunda, meskipun menunjukkan keamanan yang menjanjikan.

Sementara itu, Kota Wuhan akan menyelesaikan pengujian semua dari 11 juta penduduknya, ketika Cina memacu sumber daya besar-besaran untuk menghindari kebangkitan infeksi. Di Mumbai, India, pasien Covid-19 membanjiri rumah sakit kota.

Tabel Progres Covid-19 di 10 Negara dengan Korban Terbesar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement