Persiapan New Normal, Jokowi: Jika Efektif, Pengerahan TNI Polri Akan Diperluas

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). - ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
27 Mei 2020 14:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah sudah menerjunkan aparat TNI Polri di titik -titik keramaian dalam rangka persiapan menuju pelaksanaan tatanan normal baru.

Diketahui aparat TNI/Polri diterjunkan di empat provinsi dan 25 Kabupaten Kota. "Kemarin kita sudah mulai, digelar, pasukan aparat TNI/Polri yang diterjunkan ke lapangan, ke titik titik keramaian di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota dalam rangka persiapan pelaksanaan tatanan normal baru," ujar Jokowi dalam rapat terbatas melalui video conference, Rabu (27/5/2020).

Kata Jokowi, jika pengerahan aparat TNI/Polri untuk mendisplinkan masyarakat berhasil menurunkan angka penyebaran Covid-19, pemerintah akan memperluas pengerahan aparat TNI/Polri di provinsi lainnya.

"Yang akan kita lihat dari angka-angka dan fakta di lapangan yang berkaitan dengan R0 [reproduction number] dan Rt [effective reproduction number]. Apabila efektif, kita akan gelar perluas lagi ke provinsi yang lain," ucap dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pengerahan aparat TNI Polri di titik -titik keramaian bertujuan untuk menyadarkan masyarakat agar disiplin menuju ke tatanan baru yakni new normal.

Sehingga kata Jokowi angka reproduksi (R0) penyebaran Covid-19 bisa turun di bawah 1. "Kita ingin sekali lagi bisa masuk ke normal baru, masuk ke tatanan baru dan kita ingin muncul kesadaran yang kuat, kedisiplinan yang kuat sehingga R0 bisa kita terus tekan, di bawah 1," ujar Jokowi saat meninjau kesiapan penerapan standar new normal di Mal Summarecon Bekasi, Selasa (26/5/2020).

Sumber : Antara