Siap-Siap Mendaftar Setelah Lebaran, Ini Jadwal Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang IV

Ilustrasi - Kartu Prakerja - ANTARA
20 Mei 2020 16:47 WIB Dewi Aminatuz Zuhriyah News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Kebijakan Pemerintah untuk angkatan kerja berupa Kartu Prakerja masih berlanjut. Pemerintah menjadwalkan program pendaftaran Kartu Prakerja akan dibuka setelah Lebaran atau tepatnya pada 26 Mei 2020.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni P. Purbasari  memperikirakan, jumlah pendaftar Kartu Prakerja pada gelombang IV akan kembali membeludak seperti yang terjadi pada gelombang-gelombang sebelumnya.

"Sebenarnya kita sudah melihat bahwa dengan jumlah yang registrasi 10,4 juta peserta, dan kemudian rata-rata yang mendaftar antara 1,4 – 2 juta orang, ini bisa saja hal yang sama terulang di batch 4," ujarnya, Rabu (20/5/2020).

Di sisi lain, dia mengatakan pihak manajemen kartu prakerja sudah mempersiapkan antisipasi apabila terjadi masalah yakni dengan memastikan persiapan dari server, sistem informasi keseluruhan seperti masalah verifikasi peserta, masalah sistem informasi yang menyatukan antara lembaga pelatihan, digital platform peserta PMO, perusahaan penyedia jasa e-wallet, hingga penyaluran dana Kartu Prakerja melalui perbankan. Hal itu menurutnya dilakukan untuk memperkuat proses pelaksanaan Kartu Prakerja.

Sementara itu, terkait dengan insentif senilai Rp600.000 dari program Kartu Prakerja, Denni menyebutkan kurang dari setengah dari jumlah peserta yang mendaftar program tersebut yang telah menerima dana tersebut.

Menurutnya, hingga saat ini jumlah penerima insentif baru sebanyak lebih kurang 300.000 orang peserta dari total lebih dari 680.000 orang yang mendaftar di gelombang I, II, dan III.

"Yang telah menerima insentif pasca pelatihan yaitu sebesar Rp600.000 per bulan itu ada sebesar 300.000 orang lebih,"katanya.

Menurutnya, para penerima insentif pascapelatihan itu sudah menyelesaikan minimal satu pelatihan pra-kerja dan telah memberikan rating kepada pelatihan yang digelar 8 digital platform.

"Harus menuntaskan setidaknya satu pelatihan dan kemudian sudah memberikan ulasan dan rating terhadap pelatihan tersebut dan kami sudah dilaporin oleh digital platform bahwa si peserta telah menerima sertifikat tanda penyelesaian pelatihan itu," lanjutnya.

Sumber : Bisnis.com