Advertisement

Kritik Kartu Prakerja, Ada Pelatihan Online Prakerja.org

Newswire
Minggu, 17 Mei 2020 - 10:57 WIB
Sunartono
Kritik Kartu Prakerja, Ada Pelatihan Online Prakerja.org Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). - ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Implementasi program Kartu Prakerja yang diluncurkan pemerintah terus dikritik. Setelah kasus Ruangguru sebagai platform pelatihan, kritik kartu prakerja juga soal pelatihan yang diberikan tidak jauh berbeda dengan konten di Youtube yang gratis.

Program Kartu Prakerja yang menjadi semi-bansos memprioritaskan korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat pandemi Covid-19. Melalui Kartu Prakerja, peserta yang lolos seleksi mendapatkan insentif Rp3,5 juta untuk mengikuti pelatihan online dari berbagai platform pelatihan yang bekerja sama dengan pemerintah.

Advertisement

Kartu Prakerja pun kembali dikritik dengan munculnya situs prakerja.org. Situs ini menyediakan pelatihan online namun tidak berbayar alias gratis. Berbeda dengan program Kartu Prakerja dari pemerintah yang pesertanya harus membayar sejumlah uang untuk mengikuti pelatihan. Program Kartu Prakerja dari pemerintah melalui situs prakerja.go.id.

Berdasarkan penulusuran Okezone-Jaringan Harianjogja.com, Jakarta, Minggu (17/5/2020), situs prakerja.org menawarkan pelatihan gratis tanpa Kartu Prakerja. Hal ini tentu sebagai kritikan Program Kartu Prakerja pemerintah.

"Prakerja.org adalah bentuk kritik terhadap pemerintah terhadap program Kartu praKerja. Lihat manifesto lengkap kami," tulis informasi dari situs prakerja.org.

Dalam situs prakerja.org, disebutkan kualitas pelatihan bersaing dengan pelatihan berbayar Kemudian membuka semua pihak berkontribusi memberikan pelatihan gratis.

Dalam situs prakerja.org menawarkan beberapa pelatihan seperti wirausaha dan ide bisnis, pengembangan diri, bisnis dan keuangan, teknologi dan software serta bisnis digital.

"Semua Bisa Anda Dapat Dengan Gratis Pilih kategori sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami akan menyediakan tutorial yang berguna," tulis informasi dari situs prakerja.org.

Para netizen pun mendukung adanya pelatihan online yang gratis. Seperti yang di-twit akun twitter @Fe*ry*ph*s.

"Kalo ada yg gratis kenapa harus pilih yg berbayar ?? Daftar yaa segera https://prakerja.org," tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement