Covid-19 Diprediksi Selesai Juni-Juli, IDI: Tergantung Kesungguhan Masyarakat dan Pemerintah

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
29 April 2020 11:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Beredar informasi bahwa virus Corona penyebab Covid-19 diprediksi akan berakhir pada Juni-Juli. Anggota Dewan Pertimbangan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Zaenal Abidin angkat bicara soal prediksi tersebut.

Menurut Zaenal, mengakhiri pandemi Covid-19 di Indonesia tergantung pada kesungguhan masyarakat dan Pemerintah. Jika Pemerintah dan masyarakat bisa sama-sama bekerja sama dalam penanganannya, maka akhir wabah Covid-19 di bulan Juni dan Juli bukan hal yang mustahil.

"Pilihannya ada pada kesungguhan pemerintah dan masyarakat," kata Zaenal kepada Okezone, Rabu (29/4/2020).

Zaenal mengambil salah satu contoh negara yang berhasil menangani penyebaran Corona. Vietnam, kata dia, salah satu negara yang berhasil membuat strategi ampuh dalam menangani Covid-19.

Dia menilai cara yang dilakukan Vietnam dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di negaranya sangat ketat. Indonesia bisa meniru, tapi ditekankan Zaenal, keberhasilan penanganan Covid-19 harus dengan kesungguhan dan kekompakan dari Pemerintah serta warga negaranya.

"Kalau kita baca Vietnam dan beberapa negara lain bisa cepat [menangani Covid-19], karena terkait strategi ketat negaranya. Kembali lagi kesungguhan dan kekompakan," ujarnya.

Sumber : Okezone