Advertisement

Sulit Cari Pengirim Makanan, Pemerintah Pilih Tempatkan Pasien Corona di Penampungan daripada Lockdown

Muhamad Wildan
Rabu, 18 Maret 2020 - 19:27 WIB
Budi Cahyana
Sulit Cari Pengirim Makanan, Pemerintah Pilih Tempatkan Pasien Corona di Penampungan daripada Lockdown Menkeu Sri Mulyani - Antara/Puspa Perwitasari

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah lebih memilih menyiapkan pusat penampungan ketimbang karantina wilayah atau lockdown dalam pengendalian penyebaran virus Corona (Covid-19).

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, pusat penampungan untuk mengisolasi orang-orang yang tertular Covid-19 dimungkinkan di wilayah yang tergolong padat.

Advertisement

Salah satu tempat di Jakarta yang potensial untuk menampung individu-individu yang tertular Covid-19 antara lain adalah Wisma Atlet dan aset-aset sejenis.

"BNPB sudah mencari tempat penampungan untuk social distancing, yang positif ditempatkan ke situ agar tidak berbaur dengan masyarakat dengan kepadatan tinggi," ujar Sri Mulyani, Rabu (18/3/2020).

Namun, bila BNPB memutuskan untuk menerapkan lockdown, Sri Mulyani pun mengatakan pihaknya siap untuk turut membantu memfasilitasi kebijakan tersebut. Menurut Sri Mulyani, skenario lockdown bukan terhalang oleh keterbatasan anggaran, masalah yang bisa muncul dari kebijakan lockdown adalah dari sisi logistik.

"Ini bukan masalah uang, ini masalah siapa yang mau kirim makanan di tempat yang diisolasi itu nanti," ujar Sri Mulyani.

Menurut Undang-Undang (UU) No.6/2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, Pemerintah Pusat wajib menanggung kebutuhan hidup penduduk, termasuk hewan ternak, di wilayah yang dikarantina atau lockdown. Karantina wilayah yang diatur di pasal 53, 54, dan 55, menyebut wilayah yang dikarantina dijaga terus-menerus oleh polisi selama pemberlakukan karantina. Sementara, penduduk yang terjangkit penyakit harus dirujuk ke rumah sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada Kulonprogo: Pendaftaran Panwascam Dibuka, Kebutuhan Formasi Menunggu Hasil Tes

Kulonprogo
| Sabtu, 27 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement