Advertisement

Kementerian PUPR Siapkan Protokol Proyek Infrastruktur

Agne Yasa
Senin, 16 Maret 2020 - 04:27 WIB
Budi Cahyana
Kementerian PUPR Siapkan Protokol Proyek Infrastruktur Pekerja melintas di dekat Tunnel Walini saat pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (14/5/2019). - Antara/M. Agung Rajasa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyusun protokol proyek infrastruktur yang tengah berjalan menyusul merebaknya virus Corona di Indonesia.

"Sementara ini sedang disiapkan protokolnya, jika sudah selesai akan diinfokan," kata Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Trisasongko Widianto kepada Bisnis.com, Minggu (15/3/2020).

Advertisement

Sebelumnya diberitakan, hingga akhir Februari belum ada proyek infrastruktur yang pembiayaannya berasal dari China terdampak akibat penyebaran virus corona. Seperti diketahui, China menjadi negara pertama dengan kasus virus corona ditemukan.

Dari data Direktorat Jenderal Bina Konstruksi berdasarkan Sistem Laporan Tahunan (SILAPTA) BUJKA atau PMA terdapat 15 proyek konstruksi di seluruh Kementerian atau Lembaga (K/L) yang pendanaannya berasal dari pinjaman China dimana proyek berakhir pada tahun 2020-2023.

Adapun di Kementerian PUPR terdapat dua proyek yang dibiayai dari pinjaman China yaitu Toll Road Development Cileunyi - Dawuan - Sumedang Phase II yang berakhir pada tahun 2020 dan Toll Road Development Cileunyi - Dawuhan - Sumedang Phase III yang direncanakan akan dimulai tahun 2020.

Terkait tenaga kerja asing yang terdampak virus corona, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga akan mengikuti kebijakan dari kementerian terkait dalam hal ini Kementerian Kesehatan dan Kementerian Tenaga Kerja.

Sebelumnya, pada awal Februari, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. juga telah melakukan antisipasi pergerakan tenaga kerja di proyek kereta cepat. Dalam perkembangannya, pada awal Maret 2020, Wijaya Karya juga masih melakukan upaya evaluasi terkait dampak virus corona pada proyek kereta cepat.

Dikonfirmasi kembali terkait kelanjutan proyek kereta cepat dengan adanya status peningkatan penemuan positif terinfeksi virus corona, pihak Wijaya Karya mengaku belum bisa berkomentar banyak.

"Belum bisa kasih tanggapan, baru besok [Senin/16/3/2020] kami di internal akan ada ratas untuk itu semua, mohon maaf," kata Corporate Secretary PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Mahendra Vijaya kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Minggu (15/3/2020).

Seperti diketahui, pada Sabtu (14/3/2020), pemerintah telah mengumumkan bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif terinfeksi virus corona atau covid 19.

Dalam perkembangannya, pada Minggu (15/3/2020), pemerintah mengumumkan bahwa jumlah pasien positif terinfeksi virus Corona astau Covid-19 kembali bertambah menjadi 117 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement