Corona Masuk Indonesia, Dunia Olahraga Tanah Air Jalan Terus

Ilustrasi virus Corona. - REUTERS/Dado Ruvic
06 Maret 2020 14:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Dunia olahraga di berbagai penjuru dunia sepertinya benar-benar mempertimbangkan adanya wabah virus Corona (Covid-19) yang terjadi saat ini. Sebab, beberapa cabang olahraga harus ditunda bahkan dibatalkan.

Derby d'Italia antara Juventus kontra Inter Milan yang semestinya dimainkan pada 1 Maret harus digeser ke Senin (9/3/2020). Selain laga tersebut, Italia juga memutuskan untuk menyelenggarakan pertandingan-pertandingan olahraga secara tertutup sampai 3 April 2020. Pertandingan-pertandingan tersebut mencakup pula laga semifinal Piala Italia antara Juve kontra AC Milan dan Napoli melawan Inter.

Bukan hanya sepak bola, cabang-cabang olahraga lainnya juga harus terkena dampak dari virus yang dikabarkan telah menginfeksi lebih dari 95.000 orang itu.

Dua ajang otomotif papan atas, yakni Formula 1 dan MotoGP, tidak bisa mengelak dari dampak virus tersebut. Grand Prix Formula 1 China yang diagendakan berlangsung pada 19 April di Shanghai harus dibatalkan, demikian pula MotoGP Qatar dan MotoGP Thailand yang batal dihelat.

Dari balap sepeda, dua etape terakhir Tur UEA tidak dapat diteruskan karena beberapa orang yang ambil bagian di ajang tersebut diduga terinfeksi virus Corona.

Sejumlah tim elit balap sepeda juga memastikan diri tidak mengikuti beberapa balapan untuk beberapa waktu mendatang. Mitchelton-Scott dari Australia dan Astana dari Kazakhstan, akan absen dari beberapa balapan seperti Paris-Nice dan Milan-San Remo.

Dunia olahraga tanah air

Pada Senin (2/3/2020) silam, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengumumkan bahwa terdapat dua warga negara Indonesia yang positif terjangkit virus Corona.

Pengumuman tersebut segera menarik perhatian publik, mengingat negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura telah terlebih dahulu mengumumkan kasus terduga virus tersebut.

Seperti di luar negeri, dunia olahraga Indonesia, yang kerap melibatkan kerumunan massa, juga terkena dampaknya. Pertandingan akbar Liga 1 antara Persija Jakarta kontra Persebaya Surabaya yang sedianya dimainkan pada Sabtu (7/3/2020) harus ditunda.

Masih dari cabang olahraga sepak bola, timnas Indonesia juga harus menunda memainkan pertandingan kualifikasi Piala Dunia Grup G zona Asia, yang sedianya akan dimainkan pada Maret dan Juni.

Virus Corona juga membuat lifter Indonesia batal unjuk kekuatan pada kejuaraan dunia angkat besi junior di Bucharest, Rumania, pada 14-21 Maret mendatang.

Sedangkan dari cabang olahraga atletik, sprinter andalan Indonesia Lalu Muhammad Zohri batal melakukan ujicoba di Brisbane Oceania Area Permit pada 20 Maret.

Jalan terus

Adanya serangan virus Corona jelas berdampak kepada dunia olahraga Indonesia. Namun bukan berarti semua kegiatan olahraga di Tanah Air harus terhenti atau tertunda, faktanya sejumlah agenda penting tetap jalan terus.

Turnamen Piala Davis Grup 2 antara Indonesia melawan Kenya yang akan dimainkan pada Jumat dan Sabtu (6-7/3/2020) di Jakarta tetap berlangsung sesuai jadwal.

Kapten tim Kenya Rosemary Owino selaku perwakilan tim tamu merasa timnya tidak cemas dengan masalah tersebut. "Level kebersihan di sini sangat tinggi. Jadi kami merasa aman," ucap Rosemary saat ditemui pada acara praundian Piala Davis, Rabu (4/3/2020). 

Untuk pertandingan selama dua hari tersebut, panitia penyelenggara juga telah memasang fasilitas pembersih tangan di berbagai titik di Stadion Tenis Gelora Bung Karno.

Indonesia juga tetap mengirim tim untuk mengikuti turnamen bulu tangkis All England yang akan berlangsung di Birmingham Arena, inggris, 11 hingga 15 Maret.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Susy Susanti mengingatkan agar para atlet tetap menjaga kesehatan dengan mempertahankan kondisi tubuh yang prima.

PBSI kini memperketat pengawasan di seluruh lingkungan Pelatnas bulutangkis di Cipayung, Jakarta Timur. Mereka juga mengimbau kepada para atletnya untuk menghindari pusat-pusat keramaian.

Pentingnya menjaga kondisi tubuh untuk mencegah virus corona juga diungkapkan gelandang Persija yang sedang menjalankan proses naturalisasi, Marc Klok. Mantan pemain PSM Makassar itu melakukan langkah sederhana seperti mengonsumsi makanan sehat dan rutin berlatih.

Demi menjaga kondisi para pemainnya, tim Persija juga terpaksa menerapkan larangan bagi pemain untuk berswafoto dengan para penggemar untuk sementara waktu.

Dari Liga 1, operator Liga Indonesia Baru (LIB) sejauh ini hanya membatalkan pertandingan antara Persija melawan Persebaya. Sedangkan untuk pertandingan kedua musim 2020 lainnya, tetap akan berjalan seperti biasa.

Direktur LIB cucu Somantri dalam kesempatan terpisah mendorong agar klub-klub peserta mempertebal deteksi kesehatan saat pertandingan berlangsung.

Sementara itu, dari balap sepeda, tim PGN Road Cycling Team (PRCT) juga tetap mengikuti Tour de Taiwan, yang berlangsung pada 1 sampai 5 Maret.

Sumber : Antara