Warganet Desak Presiden Tangkap Penimbun Masker

Kertas pengumuman "Maaf Stock Masker Kosong" dipasang di pintu Apotik Hayam Wuruk, Jogja, Selasa, (3/3/2020). - Harian Jogja/Desi Suryanto
04 Maret 2020 03:27 WIB Bernadheta Dian Saraswati News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa dua warga Indonesia yang positif terinfeksi virus Corona dan sudah dirawat di ruang isolasi rumah sakit, kondisinya semakin membaik.

Hal itu disampaikan Presiden melalui akun Instagram pribadinya @jokowi pada Selasa (3/3/2020) sore. 

Presiden meminta kepada semua pihak untuk tetap menjaga privasi pasien. Tidak hanya kepada pihak rumah sakit, tetapi juga kalangan media massa. "Saya juga telah memerintahkan kepada menteri untuk mengingatkan agar rumah sakit, pejabat-pejabat pemerintah di mana pun, untuk tidak membuka privasi pasien. Hak-hak pribadi penderita korona harus dijaga, tidak boleh diumbar ke publik," tulis Presiden.

"Begitu juga dengan media massa, saya minta untuk menghormati privasi mereka. Mari sama-sama mendukung agar secara psikologis, mereka tidak merasa tertekan sehingga dapat segera pulih dan sembuh kembali". 

Presiden juga mengimbau masyarakat agar tidak panik dengan adanya warga di Indonesia yang sudah terinfeksi Corona. Masyarakat tidak perlu memborong kebutuhan sehari-hari karena justru menimbulkan kelangkaan barang kebutuhan.

"Pemerintah menjamin ketersediaan bahan pokok dan obat-obatan yang ada," lanjut Presiden Jokowi. 

Pemerintah akan bertindak tegas melalui pihak kepolisian jika ada pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan momentum ini seperti menimbun masker dan menjualnya dengan harga tinggi. 

Unggahan Presiden itu langsung menuai beragam komentar. Sebagian meminta pemerintah menindak tegas adanya penimpun masker. Namun ada pula yang meminta Presiden Jokowi untuk bertanggung jawab atas munculnya Corona di Indonesia ini. 

"Tindak tegas pengusaha MASKER yg memanfaatkan MENJUAL DENGAN HARGA TINGGI !!!!!!!!!" tulis @yani_risnawati.

"DAN KHUSUS PENJUAL MASKER JANGAN MEMANFAATKAN SITUASI UTK MEMPERKAYA DIRI DIATAS MUSIBAH INI..!!!!," timpal randyadityaalfanza.

"Tanggung jawablah anda sebagai presiden tiru pak anies,,, jgn ngumpet pak," tulis @raka_tanaka.

"Tangkap yg nimbun masker pak?," tulis @daladalala.