Advertisement

Alasan Pemerintah Bayar Influencer Rp72 Miliar: BTS Kan Mahal Banget

Muhammad Khadafi
Rabu, 26 Februari 2020 - 20:07 WIB
Budi Cahyana
Alasan Pemerintah Bayar Influencer Rp72 Miliar: BTS Kan Mahal Banget Nelayan melintas saat matahari tenggelam di perairan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (12/10/2018). - Antara/Indrianto Eko Suwarso

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah akan mengajak influencer yang punya pengaruh besar di media sosial untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

Total alokasi anggaran promosi pariwisata sebesar Rp72 miliar. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengatakan belum menghitung porsi anggaran untuk para influencer karenaakan tergantung nilai kontrak dengan orang-orang yang memiliki pengaruh sosial di bidangnya.

Advertisement

Kan lagi dihitung benar. Kan influencer harganya beda-beda. Misal BTS [boy band Korea Selatan] kan mahal banget,” katanya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Wishnutama menjabarkan ada beberapa influencer dari sejumlah negara yang menjadi incaran, seperti Amerika Serikat, India, Australia, dan Timur Tengah. Negara tersebut dinilai memiliki potensi besar untuk mendatangkan devisa ke Indonesia.

Menurutnya sejauh ini yang paling realistis adalah Australia. Negara tersebut dari segi lokasi cukup dekat dengan Indonesia. “Paling mudah kalau bisa Australia dulu lah. Visitor banyak, lima sampai enam jam [penerbangan] sudah sampai Indonesia,” katanya.

Adapun secara total pemerintah menyiapkan Rp298 miliar untuk menarik wisatawan mancanegara. Pemerintah menilai insentif ini akan mendatangkan 736.000 wisatawan asing. Seluruh wisatawan tersebut akan menghasilkan devisa sekitar Rp13 triliun.

“Kurang lebih kami targetkan yang ASPA [average spending per arrival]di atas US$1.700 per kunjungan, sehingga punya dampak ekonomi yang besar buat indonesia,” katanya.

Sementara itu, sebelumnya Wishnutama sempat menjabarkan Indonesia berpotensi kehilangan US$2,8 miliar atau Rp38,2 triliun akibat wabah virus Covid-19. Hal ini buntut dari penutupan penerbangan langsung dari dan ke China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bertanding Malam Ini, Berikut Susunan Pemain dan Head to Head Persik Kediri vs PSS Sleman

Sleman
| Rabu, 24 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement