PDIP Sambut Baik Pertemuan Jokowi dan Rudy

03 Februari 2020 09:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pertemuan Presiden Jowo Widodo (Jokowi) dengan Wali Kota Surakarta (Solo) FX Hadi Rudyatmo di Jogja disambut baik oleh PDIP. PDIP menegaskan bahwa calon yang akan diusung pada Pilkada Solo nanti ada di tangan Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Kalau masalah rekomendasi calon wali kota menjadi ranah dari Ketua Umum DPP, Ibu Megawati Soekarnoputri. Tetapi silahturahmi antara beliau berdua sangat positif dan perlu terus dibangun," ujar Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat saat dihubungi, Minggu (2/2/2020).

Soal bagaimana keputusan Megawati apakah mendukung cawalkot yang didukung Rudy atau cawalkot dari anak Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, itu masih misteri. Djarot mengatakan Jokowi dan Rudy adalah dua sahabat baik. Dia mengatakan dua tokoh politik itu pernah membangun Solo bersama-sama.

"Baguslah, Pak Jokowi dan Pak Rudy itu sahabat baik. Beliau berdua pernah membangun Kota Solo bersama-sama dan berhasil memberikan pelayanan yang baik kepada warga Solo," kata dia.

Djarot mengatakan Jokowi dan Rudy memilih keinginan yang kuat agar Solo menjadi yang lebih baik. Djarot juga menilai bahwa kedua tokoh itu akan terus mengawal pembangunan kota Solo.

"Tentunya beliau berdua punya keinginan yang sama untuk tetap mengawal keberlanjutan pembangunan kota agar lebih baik lagi di masa mendatang," jelas Djarot.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengadakan pertemuan di Yogyakarta. Pertemuan itu digelar Jumat (31/1/2020) malam usai Jokowi selesai melakukan kunjungan kerja. Rudy membenarkan soal pertemuan tersebut, namun enggan membeberkan detail lokasi dan lamanya pertemuan dengan Jokowi itu.

"Cukup lama kemarin bertemu beliau, sampai jam 20.30 WIB," kata Rudy saat ditemui di Balai Kota Surakarta, Minggu (2/2/2020).

Rudy tak menampik dalam pertemuan itu juga membahas Pilkada Solo. Namun, Rudy hanya menyampaikan bahwa pihaknya menunggu rekomendasi dari DPP PDIP dan siap menjalankannya.

"Pilkada Solo sudah saya sampaikan bahwa semua tinggal menunggu rekomendasi dari DPP partai," sebut Rudy.

Diketahui, Rudy yang merupakan Ketua DPC PDIP Surakarta mengusung pasangan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa di Pilkada Solo. Sedangkan di sisi lain putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, juga maju dalam Pilkada Solo.

Mengenai kemungkinan Rudy berubah pikiran mendukung Gibran usai pertemuan itu, Rudy tak menjawab. Dia mengaku hanya menjalankan aturan partai dengan melakukan penjaringan tertutup yang menghasilkan nama Purnomo-Teguh.

"Saya kan hanya menjalankan PP [Peraturan PDIP] nomor 24 tahun 2017," katanya.

Sumber : Detik.com