Pentingnya Membuat Pikiran Terhubung dengan Makanan

Ilustrasi Sayuran - Reuters
19 Januari 2020 13:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Banyak orang percaya bahwa segala sesuatu yang hidup memiliki energi, seperti halnya makanan.

Namun, semua itu bergantung pada pola pikir. Jika pola pikir kita positif, maka meskipun makanan itu tidak begitu sehat, tetap saja akan memberikan energi positif. Jadi, sangat penting untuk membuat pikiran kita terhubung dengan makanan.

"Kita harus lihat secara objektif, makanan itu baik atau tidak. Kita harus percaya lebih ke arah mental, tapi objektifnya bener nggak makanan itu sehat? Tapi kalau itu memang sudah sehat, dan kamu punya pola pikir yang baik tentang makanan itu, ya sudah, bagus," ujar pakar naturopati Joshua S. Lie, ND, BHSc (CompMed), beberapa waktu lalu di Jakarta.

Biasanya pola pikir mental ini sangat berguna saat kita sedang menjalani diet sehat, dan kemudian ingin sedikit cheating dengan mengonsumsi camilan yang kurang begitu sehat. Nah, saat itu, penting agar Anda tidak berpikiran buruk terhadap makanan, atau ketakutan.

"Kadang kita makan sehat, kemudian sesekali kita cheating. Nah, ketika cheating itu kamu harus mensyukuri makanan itu, dan menikmatinya dengan baik," jelas Joshua.

Imbasnya, jika kita tetap berpikiran buruk terhadap makanan, bukan hanya makanan menjadi tidak sehat, tapi pikiran yang buruk bisa menjadi racun dalam tubuh itu sendiri.

"Kenapa? Karena ternyata kalau pola pikir kita negatif tentang makanan itu, misalnya feel bad, itu lebih toxic di tubuh dibanding makanan itu sendiri," paparnya.

Meski begitu, Joshua tidak menyarankan untuk selalu berpikiran positif pada junk food dengan harapan itu menjadi makanan sehat, ya.

Sumber : suara.com