Penyeberangan Jepara-Karimunjawa Ditutup, Bagaimana Nasib Wisatawan?

Wisatawan di Karimunjawa - Harian Jogja/Dok.
05 Januari 2020 19:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, KARIMUNJAWA - Cuaca buruk membuat aktivitas penyeberangan laut di Jepara-Karimunjawa ditutup. Ratusan wisatawan di Karimunjawa juga dipulangkan menggunakan Kapal Pelni.

"Iya, ada ratusan wisatawan yang pulang menggunakan kapal Pelni. Bukan dievakuasi, tapi karena kebetulan ada jadwal kapal Pelni ke Semarang dan aktivitas penyeberangan kapal penumpang ditutup," ujar Camat Karimunjawa Saptwagus Karnan Ejeng kepada detikcom lewat pesan singkat, Minggu (5/1/2020)

Kapal Pelni dari Karimunjawa ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ini membawa sekitar 664 penumpang dan sembilan balita, mayoritas adalah wisatawan. Karnan mengatakan kapal berangkat pukul 13.00 WIB dan diperkirakan sampai di Pelabuhan Tanjung Emas 18.00 WIB.

"Total ada 664 penumpang dan sembilan balita. Berangkat siang sampai Semarang sekitar pukul 18.00 WIB," lanjutnya.

Terpisah, Kepala UPP Syahbandar Jepara Tri Jotho S mengataka saat ini aktivitas penyeberangan Jepara-Karimunjawa ditutup karena cuaca buruk. Ketinggian gelombang dan kecepatan angin tidak mendukung kegiatan penyeberangan.

"Iya, sementara tutup karena cuaca buruk. Ketinggian gelombang mencapai 2,5 meter dan kecepatan angin 5-25 Knot," papar Tri.

Tri belum bisa memastikan sampai kapan penutupan penyeberangan tersebut. Sebab, aktivitas penyeberangan dibuka kembali jika cuaca sudah membaik.

"Tidak bisa dipastikan sampai kapan, tapi menunggu cuaca membaik," pungkasnya.

Sumber : detik.com