Advertisement

Wapres Ma'ruf Amin Akui Ada Kasus HAM yang Belum Diselesaikan

Newswire
Senin, 09 Desember 2019 - 16:47 WIB
Nina Atmasari
Wapres Ma'ruf Amin Akui Ada Kasus HAM yang Belum Diselesaikan Ma'ruf Amin. - Suara.com/Ria Rizki

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Wakil Presiden Maruf Amin mengatakan bahwa pemerintah sudah berupaya untuk memenuhi nilai-nilai hak asasi manusia (HAM) di berbagai aspek. Akan tetapi, Maruf Amin mengakui apabila masih ada masalah HAM yang belum terselesaikan.

Maruf Amin menjelaskan bahwa Indonesia memiliki komitmen tinggi untuk menjunjung tinggi HAM bagi warga negara. Hal itu tercantum dalam Undang-Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur soal HAM.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dalam UU HAM itu pemerintah memastikan terselenggaranya penghormatan, perlindungan, penegakkan dan kemajuan HAM. Dari setiap masalah HAM, Maruf Amin menyebutkan bahwa pemerintah telah berupaya untuk menyelesaikan. Namun ia tidak menampik apabila ada yang belum terselesaikan.

"Harus diakui bahwa capaian tersebut ada yang sudah dapat diselesaikan dan ada juga yang belum," kata Maruf Amin dalam acara peringatan Hari HAM Sedunia di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Senin (9/12/2019).

Meski demikian, Maruf Amin menjelaskan kalau pemerintah tetap memegang komitmen untuk terus berupaya mencari solusi terbaik bagi penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu.

"Langkah ini diharapkan dapat didukung melalui fungsi Komnas HAM yaitu pengkajian, penelitian, penyuluhan, pemantauan, dan mediasi tentang hak asasi manusia," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

STIKOM Yogyakarta Adakan Seminar and Creative Exhibition 2023 di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Jogja
| Senin, 30 Januari 2023, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta Buka Hari Ini, Wajib Coba 3 Sajian Kuliner Ini

Wisata
| Senin, 30 Januari 2023, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement