Advertisement

Prabowo Ziarah ke Makam Bapak Sekularisme Turki

Rayful Mudassir
Jum'at, 29 November 2019 - 15:47 WIB
Budi Cahyana
Prabowo Ziarah ke Makam Bapak Sekularisme Turki Prabowo Subianto - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berziarah ke makam Mustafa Kemal Ataturk, di Museum Anetkabir, Ankara, Turki. Ataturk adalaj pendiri Republik Turki dan peletak dasar sekularisme di negara tersebut. 

Ziarah tersebut dilakukan Prabowo di sela kunjungannya ke Turki untuk membicarakan kerja sama antarkedua negara di bidang pertahanan. Staf Khusus Menteri Pertahanan RI Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antara Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan ziarah tersebut sebagai kunjungan perdana Prabowo ke Turki sebagai Menhan.

Advertisement

"Di makam Presiden pertama Turki tersebut, Menhan RI menuliskan rasa kagumnya terhadap Bapak Bangsa Turki yang telah menginspirasi semua bangsa yang ingin merdeka dan hidup berdaulat," katanya," katanya melalui pesan whatsapp kepada wartawan, Jumat (29/11/2019).

Kunjungan itu dilakukan setelah Prabowo melakukan pertemuan dengan pejabat negara di Turki. Indonesia kata Dahnil melakukan pembicaraan kerja sama pertahanan dan industri pertahanan di Istanbul bersama Angkatan laut Turki.

Dalam rangkaian kunjungannya ke Turki Menhan juga melakukan pembicaraan bilateral dengan Menhan Turki Hulusi Akar, di kantor Kemhan Turki pada Kamis (28/11/2019).

Dalam kesempatan yang sama, kedua Menhan jugamenyampaikan rasa optimisnya atas kerjasama industri pertahanan kedua negara sahabat yang telah terjalin dengan baik.

Ataturk (1881-1938) adalah Presiden Pertama Turki. Dia memimpin Turki dari 1923 sampai dengan kamatiannya pada 10 November 1938. Ataturk meletakkan prinsip-prinsip sekularisme dalam kehidupan bernegara di Turki dan sering disebut sebagai Bapak Sekularisme Turki. Ideloginya dikenal dengan nama Kemalisme atau Ataturkisme, yang secara tegas memisahkan agama, khususnya Islam warisan Kerajaan Ottoman, dalam praktik bernegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement