Ini Pertanyaan-Pertanyaan dalam Tes CPNS 2019

Ilustrasi simulasi Computer Assisted Test (CAT) dalam sosialisasi seleksi CPNS 2019 pada hari bebas kendaraan, di Denpasar, Bali, Minggu (3/11/2019). - Antara
14 November 2019 19:07 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Seleksi calon pegawai negeri sipil dibuka hingga 24 November 2019. Setelah itu peserta memulai seleksi kompetensi dasar. 

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) adalah seleksi tahap pertama yang diikuti peserta setelah seleksi administrasi. Adapun tahapan setelahnya adalah Seleksi Kompetensi Bidang.

Badan Kepegawaian Negara mengungkap sejumlah kisi-kisi yang akan ditanyakan pada SKD. Ada tiga bagian utama yang akan ditanyakan, yaitu Wawasan Kebangsaan, Intelegensia Umum, dan Karakteristik Pribadi.

Saat wawasan kebangsaan, pertanyaan yang diberikan akan menyangkut isu nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan Bahasa Indonesia.

Sementara itu, pada tes intelegensia umum memuat sejumlah pertanyaan berkaitan dengan kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan figural.

Pada tahapan terakhir yaitu karakteristik pribadi akan ditanyakan tentang pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi, dan komunikasi serta soal tentang profesionalisme.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sempat menyebut bahwa pada tes wawasan kebangsaan, juga akan ditanyakan tentang radikalisme.

Pertanyaan serupa juga akan ditanyakan pada seleksi selanjutnya yaitu seleksi kompetensi bidang. Adapun saat prajabatan, calon pegawai negeri sipil juga diberikan pembekalan tentang penangkalan radikalisme.