Presiden Filipina Duterte Jatuh Saat Mengendarai Sepeda Motor di Istana

Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte pada kunjungan kenegaraan di Istana Malacanyan, Manila, Filipina, Jumat (28/4). - Antara/Rosa Panggabean
17 Oktober 2019 20:57 WIB Denis Riantiza Meilanova News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengalami kecelakaan saat mengendarai sepeda motor di halaman Istana Kepresidenan Malacanang pada Rabu malam (16/10/2019). Ia mengalami cedera ringan setelah terjatuh dari kendaraan tersebut. Ajudan Duterte memastikan sang presiden telah pulih dengan baik.

"Saya ingin meyakinkan bangsa bahwa presiden aman, berada di tangan yang baik dan dalam kesehatan yang baik," ujar Juru Bicara dan Penasihat Hukum Duterte, Salvador Panelo, dikutip dari Reuters, Kamis (17/10/2019).

Panelo mengatakan bahwa Duterte mengendarai sepeda motor di sekitar halaman istana presiden pada Rabu malam dan jatuh ketika hendak menjangkau sepatunya. Kecelakaan kecil itu menyebabkan memar dan goresan ringan di siku dan lutut Duterte.

Sementara itu, Christopher "Bong" Go, seorang senator dan ajudan terdekat Duterte, mengatakan kepada wartawan bahwa presiden jatuh ketika mencoba membalikkan sepeda motor dan menyebabkannya mengalami cedera pinggul.

Duterte yang kini berusia 74 tahun diketahui sangat menyukai sepeda motor. Bahkan ia sampai mengalami kerusakan saraf permanen di lehernya dan sering mengalami migrain akibat kegemarannya tersebut.

Beberapa bulan setelah menjabat pada 2016, Duterte pernah berbicara tentang kesedihannya karena harus kehilangan sepeda motor kesayangannya dan memperhatikan instruksi staf keamanannya untuk menghindari sepeda motor.

Ia juga pernah menyombong tentang mengendarai sepeda motor dengan kecepatan 180 kilometer per jam (112 mph), serta memiliki beberapa sepeda motor, seperti Yamaha, Honda, dan Harley Davidson.

Sumber : Bisnis.com