Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Enggano Bengkulu

Ilustrasi. - Antara
15 Oktober 2019 08:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Gempa bumi dengan magnitudo 5,9 terjadi di sekitar wilayah Enggano Bengkulu pada Selasa (15/10/2019) pukul 05.23 WIB.

Informasi dari Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Tiar Prasetya di Jakarta, Selasa, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa berada di 4.60 Lintang Selatan, 101.05 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer di laut. Pusat gempa tersebut berjarak sekitar 158 km Barat Laut Enggano-Bengkulu, atau 161 km Barat Daya Bengkulu.

Sebelumnya gempa bumi juga terjadi di Tenggara Kota Cilacap, Jawa Tengah dengan magnitudo 5.0 yang terjadi pada Senin pukul 18:33 WIB tidak berpotensi tsunami. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta Agus Riyanto melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Senin.

Agus menyebutkan gempa yang berlokasi di 8.45 lintang selatan (LS) dan 109.28 bujur timur (BT) atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 79 km arah Tenggara Kota Cilacap, Jawa Tengah, itu memiliki kedalaman 75 km.

Gempa II MMI itu dirasakan di Bantul, Kulonprogo, Kota Yogyakarta, Purworejo, Cilacap dan Kebumen. "Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," kata dia.

Ia menjelaskan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi itu merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menghunjam di bawah lempeng Eurasia.

Sumber : Antara