Advertisement

Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Enggano Bengkulu

Newswire
Selasa, 15 Oktober 2019 - 08:37 WIB
Sunartono
Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Enggano Bengkulu Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Gempa bumi dengan magnitudo 5,9 terjadi di sekitar wilayah Enggano Bengkulu pada Selasa (15/10/2019) pukul 05.23 WIB.

Informasi dari Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Tiar Prasetya di Jakarta, Selasa, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Advertisement

Pusat gempa berada di 4.60 Lintang Selatan, 101.05 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer di laut. Pusat gempa tersebut berjarak sekitar 158 km Barat Laut Enggano-Bengkulu, atau 161 km Barat Daya Bengkulu.

Sebelumnya gempa bumi juga terjadi di Tenggara Kota Cilacap, Jawa Tengah dengan magnitudo 5.0 yang terjadi pada Senin pukul 18:33 WIB tidak berpotensi tsunami. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta Agus Riyanto melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Senin.

Agus menyebutkan gempa yang berlokasi di 8.45 lintang selatan (LS) dan 109.28 bujur timur (BT) atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 79 km arah Tenggara Kota Cilacap, Jawa Tengah, itu memiliki kedalaman 75 km.

Gempa II MMI itu dirasakan di Bantul, Kulonprogo, Kota Yogyakarta, Purworejo, Cilacap dan Kebumen. "Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," kata dia.

Ia menjelaskan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi itu merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menghunjam di bawah lempeng Eurasia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tidak Berizin, Satpol PP Jogja Menyegel Empat Reklame Papan Nama Toko

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement