Ma'ruf Amin Sarankan Pakai Cara Gus Dur untuk Bereskan Masalah Papua

Ma'ruf Amin. - Okezone
03 September 2019 18:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, SERANG- Penyelesaian masalah Papua disarankan tak hanya melalui pendekatan keamanan dan pemulihan ketertiban saja.

Wakil presiden terpilih Ma'ruf Amin memberikan solusi untuk menyelesaikan konflik di tanah Papua, tidak hanya dengan melalui pendekatan keamanan dan penertiban saja, melainkan dengan budaya seperti halnya yang dilakukan Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

"Kami (dengan tokoh NU) sudah berbincang supaya penyelesaian Papua itu tidak hanya dilakukan pendekatan keamanan dan penertiban, tapi juga perbaikan pendekatan budaya," kata Ma'ruf Amin di Tanara Serang, Banten, Selasa (3/9/2019).

Pendekatan budaya seperti halnya Gus Dur itu saat mengubah nama dari Irian Jaya menjadi Papua.

Langkah itu, lanjut Maruf, memberikan semangat kemanusiaan di Bumi Cendrawasih dari segala bentuk diskriminasi, marjinalisasi, dan krisis di segala bidang.

"Oleh karena itu orang Papua kepada Gus Dur khususnya dan NU sangat simpati dan menghargai. Apa yang dilakukan Gus Dur harus dilakukan PBNU yaitu pendekatan budaya," tandasnya.

Sebelumnya, puluhan Kiai sepuh NU se-Indonesia berkumpul di kediaman Wakil Presiden terpilih KH Ma'ruf Amin (KMA) di Komplek Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara (Penata). Para kiai sepuh yang merupakan dewan Mustasyar PBNU itu membahas situasi kebangsaan terkini.

Sejumlah kiai sepuh yang hadir, di antaranya, Rais Amm PBNU, K.H Miftahul Achyar, K.H Mustofa Bisri, Pengasuh Ponpes Raudlatut Thalibin, Rembang, K.H Abuya Muhtadi Dimyati dari Banten, Tgh. Turmudzi dari Nusa Tenggara Barat, Ketua Umum PBNU, K.H Said Aqil Siradj, Ketua GP Ansor Gus Yaqut Cholil Qoumas, Gus Syauqi Ma'ruf Amin, dan para pimpinan PBNU lainnya, seperti Juri Ardiantoro dan lain-lain.

Sumber : Okezone.com