Advertisement

Ma'ruf Amin Sarankan Pakai Cara Gus Dur untuk Bereskan Masalah Papua

Newswire
Selasa, 03 September 2019 - 18:17 WIB
Bhekti Suryani
Ma'ruf Amin Sarankan Pakai Cara Gus Dur untuk Bereskan Masalah Papua Ma'ruf Amin. - Okezone

Advertisement

Harianjogja.com, SERANG- Penyelesaian masalah Papua disarankan tak hanya melalui pendekatan keamanan dan pemulihan ketertiban saja.

Wakil presiden terpilih Ma'ruf Amin memberikan solusi untuk menyelesaikan konflik di tanah Papua, tidak hanya dengan melalui pendekatan keamanan dan penertiban saja, melainkan dengan budaya seperti halnya yang dilakukan Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Advertisement

"Kami (dengan tokoh NU) sudah berbincang supaya penyelesaian Papua itu tidak hanya dilakukan pendekatan keamanan dan penertiban, tapi juga perbaikan pendekatan budaya," kata Ma'ruf Amin di Tanara Serang, Banten, Selasa (3/9/2019).

Pendekatan budaya seperti halnya Gus Dur itu saat mengubah nama dari Irian Jaya menjadi Papua.

Langkah itu, lanjut Maruf, memberikan semangat kemanusiaan di Bumi Cendrawasih dari segala bentuk diskriminasi, marjinalisasi, dan krisis di segala bidang.

"Oleh karena itu orang Papua kepada Gus Dur khususnya dan NU sangat simpati dan menghargai. Apa yang dilakukan Gus Dur harus dilakukan PBNU yaitu pendekatan budaya," tandasnya.

Sebelumnya, puluhan Kiai sepuh NU se-Indonesia berkumpul di kediaman Wakil Presiden terpilih KH Ma'ruf Amin (KMA) di Komplek Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara (Penata). Para kiai sepuh yang merupakan dewan Mustasyar PBNU itu membahas situasi kebangsaan terkini.

Sejumlah kiai sepuh yang hadir, di antaranya, Rais Amm PBNU, K.H Miftahul Achyar, K.H Mustofa Bisri, Pengasuh Ponpes Raudlatut Thalibin, Rembang, K.H Abuya Muhtadi Dimyati dari Banten, Tgh. Turmudzi dari Nusa Tenggara Barat, Ketua Umum PBNU, K.H Said Aqil Siradj, Ketua GP Ansor Gus Yaqut Cholil Qoumas, Gus Syauqi Ma'ruf Amin, dan para pimpinan PBNU lainnya, seperti Juri Ardiantoro dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pertobatan Ekologis dan Persoalan Sampah Jadi Topik Peragaan Jalan Salib di Gereja Ini

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement