Aplikasi Kecil Google Search Ini Ternyata Sangat Bermanfaat

01 September 2019 14:07 WIB Gombang Nan Cengka News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Sudah lama Google identik dengan pencarian. Meskipun Google sendiri sudah memiliki banyak produk tambahan seperti sistem operasi ponsel Android, surat elektronik Gmail, streaming video YouTube, dan banyak lainnya, mesin pencari masih menjadi produk penting, kalau tidak bisa dibilang produk utama.

Salah satu kunci kesuksesan mesin pencari Google adalah fokusnya terhadap fitur penelusuran informasi. Meskipun begitu, sebenarnya mesin pencari Google menyimpan berbagai aplikasi kecil yang bisa membantu kita untuk mengerjakan berbagai tugas.

Aplikasi kecil ini bisa diakses dengan mengetikkan kata kunci tertentu, tidak hanya dalam bahasa Inggris tetapi juga bahasa lain, seperti Bahasa Indonesia.

Aplikasi kecil ini bisa ditemukan baik pada pencarian Google versi web, atau aplikasi Google Search yang tertanam pada ponsel. Selain aplikasi berupa alat bantu, ada pula aplikasi permainan seperti tic-tac-toe dan solitaire.

PRAKIRAAN CUACA

Prakiraan cuaca mungkin salah satu aplikasi kecil Google yang paling akrab buat Anda. Aplikasi ini bisa diakses dari informasi cuaca Google Assistant, pada ponsel.

Alternatif lain adalah dengan mengetikkan kata kunci 'weather' di Google Search, termasuk versi web-nya. Aplikasi prakiraan cuaca ini menampilkan cuaca saat ini di tempat Anda, dan prakiraan untuk beberapa jam ke depan, besok, dan 10 hari mendatang.

Bila Anda menginginkan prakiraan cuaca di tempat lain, ketikkan juga nama tempatnya, misalnya 'weather in Bangkok'.

MELEMPAR DADU

Pernahkan Anda pusing memilih tempat makan siang hari ini? Atau memilih pakaian? Bila Anda tidak punya kesukaan tertentu, Anda bisa memberi nomor pada semua pilihan yang mungkin dan melempar dadu.

Tentunya repot juga bila membawa dadu ke mana-mana. Untungnya ini tidak perlu dilakukan karena fitur melempar dadu tersedia sebagai aplikasi kecil di Google Search. Aplikasi melempar dadu ini bisa diakses dengan mengetikkan kata kunci ‘roll a die’.

Google menyediakan pilihan berbagai macam dadu: tidak hanya dadu biasa yang bersisi enam, tetapi juga dadu lain yang memiliki empat, delapan, sepuluh, dua belas, sampai dua puluh sisi.

Bila Anda cuma dihadapkan pada dua pilihan, Anda bisa menggunakan fitur melempar koin virtual. Ketikkan ‘toss a coin’ ke bilah pencarian Google Search untuk mendapatkan hasilnya.

MEDITASI

Anda butuh bantuan untuk meditasi? Tersedia berbagai aplikasi untuk keperluan ini di Google Play atau Apple App Store. Namun, bila Anda enggan memasang aplikasi baru, fitur meditasi tersedia pula di Google Search.

Ketikkan ‘breathing exercises’ di bilah pencarian, dan Anda akan disuguhi aplikasi sederhana untuk membantu meditasi. Aplikasi ini membimbing Anda untuk latihan bernafas selama satu menit. Sayangnya, tidak ada pilihan untuk memperpanjang waktunya jadi lebih lama.

KALKULATOR

Sebenarnya, kita bisa memasukkan perhitungan (dan bahkan rumus matematika) langsung ke dalam bilah pencarian untuk mendapatkan hasilnya. Namun, bila Anda lebih suka mendapatkan antarmuka aplikasi kalkulator tradisional, ketikkan saja ‘calculator’.

Hasilnya adalah aplikasi kalkulator sederhana.

Ingin mencoba lebih banyak aplikasi kecil dari Google Search? Klik tanda panah di bawah yang muncul di bawah aplikasi kecil yang sudah kita bahas di atas. Ini akan menampilkan aplikasi lain yang belum dibahas dalam artikel ini, seperti pemilih warna (colour picker) dan metronom (metronome), serta berbagai gim sederhana.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia