Advertisement

Ibu Kota Resmi Pindah, Megawati Ingatkan Ini ...

Rayful Mudassir
Rabu, 28 Agustus 2019 - 06:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ibu Kota Resmi Pindah, Megawati Ingatkan Ini ... Ilustrasi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengingatkan pemerintah harus mempersiapkan analisa dampak dan lingkungan (Amdal) secara lebih matang terlebih dulu sebelum dimulai pembangunan di wilayah Ibu Kota baru.

Perencaan ini perlu dilakukan dengan baik untuk memastikan lingkungan tetap terjaga saat pembangunan ibu kota baru telah dimulai.

Advertisement

"Semua harus dilakukan dengan tidak sembarangan. Artinya buat apa membangun kalau merusak lingkungan," katanya melalui rilis yang diterima Bisnis, Selasa (27/8/2019).

Pemerintah lanjutnya harus dapat memastikan kepindahan ibu kota ini tetap mempertahankan prinsip go green. Belum lagi dengan catatan sejarah sebagai pulau tua dan kondisi lahan gambut, pemerintah perlu mempersiapkan berbagai kebutuhan sebagai ibukota dengan cukup matang.

"Belum lagi connect dengan masalah ring of fire. Jadi harus dilihat dengan baik melalui BMKG. Saya mengerti Kalimantan itu salah satu pulau yang tua. Sehingga tidak ada gunung. Tapi kan sulitnya tanahnya gambut. Begitulah kurang lebih hitung menghitungnya," terangnya.

Di sisi lain, Megawati juga memberi tanggapan tentang rencana pembangunan tersebut. Dalam pembangunan ibu kota baru, diharapkan agar Kalimantan Timur tidak didorong lagi sebagai pusat ekonomi. "Nanti sama saja dengan Jakarta [jika didorong sebagai pusat ekonomi]," ujarnya

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. Ibu Kota baru akan berada di daerah Penajem Paser Utara dan Kutai Kertanegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tingkatkan Kesertaan KB Pria, Perwakilan BKKBN DIY Selenggarakan Kelompok KB Pria

Jogja
| Kamis, 18 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement