Advertisement

PPP: Koalisi Pengusung Jokowi-Ma'ruf Belum Bahas Perpindahan Ibu Kota

Jaffry Prabu Prakoso
Selasa, 27 Agustus 2019 - 15:27 WIB
Nina Atmasari
PPP: Koalisi Pengusung Jokowi-Ma'ruf Belum Bahas Perpindahan Ibu Kota Arsul Sani - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Partai Persatuan Pembangunan menyambut positif rencana perpindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. Sebagai parpol pengusung Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin, PPP mengingatkan perpindahan ibu kota perlu dipersiapkan dengan matang.

Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (Sekjen PPP) Arsul Sani mengatakan bahwa yang harus dilakukan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) saat ini adalah segera melakukan kajian perundangan-undangannya. Di sisi lain pemerintah juga sedang menyusun rancangan peraturan untuk diserahkan kepada legislatif.

Advertisement

“Apakah misalnya perlu revisi undang-undang atau bahkan mungkin dengan diintroduksi undang-undang yang baru,” katanya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (27/8/2019). 

Arsul mencontohkan Indonesia saat ini memiliki undang-undang (UU) tahun 1964 tentang ketetapan Jakarta sebagai ibu kota. Jika harus pindah, maka harus segera revisi atau dibuat regulasi baru agar tidak menabrak peraturan.

Kalau pindah ibu kota sudah jadi keputusan presiden sebagai kepala pemerintahan dan negara, lembaga lain harus segera merespon, termasuk DPR paling utama karena pembuat regulasi.

Internal koalisi Jokowi-Amin diakui Arsul hingga kini belum ada pembicaraan lebih lanjut demi menyukseskan program jagoannya.

“Tetapi menjadi tekad kami semua. Kalau koalisi pemerintahan saat ini DPR ada enam fraksi dan kemudian periode yang akan datang ada enam fraksi. Tentu kami harus merespon sebagai sebuah koalisi yang mendukung pemerintahan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Catat! Ini Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Jogja Sabtu 27 April 2024

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement