DPR Anggap Patut Capim KPK dari Penegak Hukum

Gedung KPK. - Antarafoto
27 Agustus 2019 06:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Calon pimpinan (capim) KPK dari institusi Polri banyak mendapat kritik dari masyarakat.

Keraguan sejumlah pihak terhadap calon pimpinan KPK dari unsur Polri itu dinilai terlalu tendensisus. Padahal sudah sebaiknya lembaga antirasuah itu dipimpin oleh lembaga penegak hukum.

Anggota Komisi III DPR RI Muhammad Nasir Djamil mengatakan, sudah sepatutnya pimpinan KPK diisi oleh figur yang berasal dari unsur Polri. Menurutnya lembaga tersebut memang berpeluang menjadi komisioner periode 4 tahun ke depan.

"Siapapun dan apapun latar belakangnya, yang penting pimpinan KPK itu adalah penegak hukum atau yang selama ini menggeluti bidang hukum. Karena itu (Capim KPK) dari Polri atau lainnya berpeluang lolos," kata Nasir kepada wartawan, Senin (26/8/2019).

Nasir juga mengungkapkan bahwa yang paling penting untuk diperhatikan dari para calon pimpinan KPK adalah integritas dan sikap independensinya. Untuk itu siapapun calonnya termasuk dari lembaga penegak hukum maka harus diberikan kesempatan.

"Yang penting berintegritas dan memiliki independensi yang kuat," paparnya.

Terkait soal kinerja Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK, politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mangatakan bahwa Pansel harus diberi kesempatan untuk menunjukkan integritas dan independensinya.

"Karena itulah masyarakat perlu mengimbangi kerja Pansel dengan memberikan data yang akurat terkait sosok Capim KPK yang kelak akan dikirim ke Presiden dan DPR," tukasnya.

Sumber : Okezone.com