Tokoh Publik dan Warganet Sambut Ibu Kota Baru dengan Tagar #IbuKotaBaru, Ini Harapan Mereka

Pandji Pragiwaksono - youtube
26 Agustus 2019 17:17 WIB Ria Theresia Situmorang News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Pengumuman Presiden Joko Widodo tentang lokasi pemindahan ibu kota baru di Kalimantan Timur disambut warganet. Tagar #IbuKotaBaru menjadi trending topic pertama di jejaring media sosial Twitter wilayah Indonesia. 

Terpantau pada Senin (26/8/2019) pukul 15.30, selain tagar #IbuKotaBaru, tagar lainnya yang ikut mencuat melalui laman media sosial Twitter di antaranya Kutai, Kaltim, Penajam Paser Utara dan #IbukotaPindah ikut menjadi empat topik yang paling banyak orang di wilayah Indonesia bicarakan di media sosial Twitter.

Beberapa nama public figure dan warganet juga terlihat ikut mencuit perihal pemberitaaan tersebut. Kebanyakan dari mereka memberikan komentar positif, harapan hingga meme mengenai pemindahan ibukota.

“Membayangkan Ibu Kota pindah. Gedung Menkeu bisa jadi Museum Sains Nasional. Gedung DPR jadi Opera House/ Teater. Gedung BI jadi Museum Arsitektur Nusantara. Gedung MA jadi Museum of Indonesian Modern Art. Ada ide lain?” tulis produser sekaligus sutradara Angga Dwimas Sasongko.

“Gedung MK jadi Gedung Teater!!!” timpal komika Pandji Pragiwaksono.

“Ibukota dipindah ke tempat dimana dulu konon kerajaan pertama di Indonesia berdiri, Kutai. Ini sebuah gestur tribut yang menarik, karena seolah berkata: mari kita mulai baru dan kembalikan Indonesia ke masa kejayaannya. #IbukotaBaru,” tulis akun influencer Handoko Tjung.

“#ibukotabaru IBUKOTA JAKARTA saat ini dikelilingi kota² lainnya, yg disebut JABODETABEK, atau Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi. Kalau IBUKOTA  Pindah, di KALIMANTAN disekitar kota Samarinda, Balikpapan, Tenggarong, Penajam & Sekitarnya bisa disingkat menjadi SAMBALTERONGPEDAS,” tulis akun @rizkymaharaniqq.

“Senang sekali mendengar pernyataan resmi dari Presiden Republik Indonesia @jokowi bahwa Kaltim resmi dipilih sebagai Ibukota  negara RI yang baru. Sedikit cuplikan Potensi Wisata Kabupaten Kota yang ada di Kalimantan Timur.  #IbuKotaBaru #IbuKotapindah,” tulis akun @pangradamaesani.

Sumber : Bisnis.com