Batik Indonesia Dipromosikan Ratu Kecantikan Kolombia

Tiga ratu kecantikan Kolombia mengenakan batik saat peringatan HUT RI di Bogota pada 21 Agustus WIB, sementara Dubes Priyo Iswanto membheri kata sambutan. - Kemlu.go.id
25 Agustus 2019 10:27 WIB Puput Ady Sukarno News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Dalam rangka peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia bertempat di JW Mariott Hotel Bogota, Kolombia, tiga ratu kecantikan asal Kolombia mempromosikan batik pada acara resepsi diplomatik. 

Tiga ratu kecantikan itu yakni Miss World Colombia Sara Arteaga, Miss Globe Colombia Hillary Cerrar, dan Miss Model Colombia Daniela Torres. Mereka mengenakan gaun batik yang dirancang khusus oleh perancang Kolombia Carolina Lesmes.

Duta Besar RI untuk Kolombia, Priyo Iswanto mengatakan bahwa batik menjadi tema utama dalam acara peringatan HUT RI tahun ini di Bogota, Kolombia.

”Peringatan HUT RI kali ini kami dedikasikan untuk menandai satu dasawarsa pengakuan batik sebagai warisan budaya non benda oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009,” ujar Priyo Iswanto di Bogota, melalui keterangan resmi Kementerian Luar Negeri RI yang dikutip pada Sabtu (24/8/2019).

Menurutnya, batik memiliki banyak arti penting, antara lain merupakan kreasi buatan tangan yang unik dan terbatas, berkontribusi terhadap pemberdayaan wanita karena kerajinan batik banyak dikerjakan oleh wanita di rumah-rumah.

"Selain itu juga ikut mendongkrak ekonomi kreatif dengan berkembangnya mode yang memajukan nilai-nilai seni budaya dan ekonomi,” ujarnya.

Resepsi diplomatik oleh KBRI Bogota juga menampilkan pameran mini Indonesian Corner yang berisi pameran khusus koleksi batik dan sejarahnya termasuk delapan gaun batik karya perancang Kolombia, pameran promosi dagang dan pariwisata Indonesia, serta pameran benda seni dan budaya.

Selain itu, digelar pameran foto tentang Indonesia yang dibuat oleh wartawan Kolombia yang pernah berkunjung ke Indonesia pada 2018.

Selain pameran-pameran tersebut, acara diisi dengan penampilan musik orkestra angklung Saung Udjo dan sajian berbagai makanan khas Nusantara.

Acara resepsi diplomatik dihadiri oleh tamu kehormatan Ketua Parlemen dan Jaksa Agung Kolombia serta pejabat tinggi pemerintah, duta besar asing, anggota parlemen, pengusaha, tokoh dari berbagai profesi dan tokoh masyarakat, akademisi, wartawan, dan warga Indonesia di Bogota.

Sumber : Kemlu.go.id/Bisnis.com