Susah Hamil Ternyata Bisa Dipicu dari Kesalahan Mencuci Miss V

Ilustrasi. - Ist/AkClinics
15 Agustus 2019 12:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Semua wanita wajib untuk menjada kebersihan organ kewanitaannya. Hal ini penting dilakukan karena area tersebut cenderung lembab sehingga rentan disusupi bakteri jika tak telaten dibersihkan.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah-Puri Indah, dr. Grace Valentine, Sp.OG, mengingatkan untuk tidak keliru saat melakukan pembersihan daerah vagina, yaitu arahnya harus dari vagina ke anus atau dari depan ke belakang.

"Cara cebok yang salah itu sebenarnya dari arah belakang ke depan, jadi dari arah anus ke depan," ujar dr. Grace dalam acara diskusi media di Jakarta, Rabu (14/8/2019)

Bagian anus yang tak lain tempat keluarnya bekas sisa makanan yang diolah tubuh atau feses mengandung banyak bakteri buruk, termasuk di antaranya bakteri E.Coli yang dapat menginfeksi vagina saat imunitas tubuh sedang dalam kondisi menurun.

"Jadi, lebih rentan terjadi keputihan, sehingga memang disarankan ceboknya dari depan ke belakang, selalu dikeringkan jangan dibiarkan basah," jelas dr. Grace.

Masalahnya, jika terus dibiarkan dapat memicu infeksi pada vagina, dan lama-kelamaan proses kehamilan akan terganggu, termasuk bila keputihan sudah masuk kategori abnormal.

"Selain itu, apabila dia hamil dan sering keputihan yang abnormal, ada kemungkinan saluran telurnya itu akan melebar, sehingga risiko terjadinya kehamilan di luar kandungan lebih tinggi," ungkapnya.

Sehingga yang harus dilakukan sebelum memulai program kehamilan, pastikan tidak mengalami infeksi vagina, khususnya karena masalah yang bisa dicegah dengan cara pembersihan vagina yang baik dan benar. Jikapun ada infeksi lain, pastikan dikonsultasikan ke dokter dan mendapat perawatan.

"Jadi infeksi harus diatasi dulu, selain susah untuk hamil apabila infeksi tidak membaik, dan kalau hamil pun, risiko kehamilan di luar kandungan Itu lebih tinggi," tutup dr. Grace.

Sumber : suara.com