Advertisement

Angkasa Pura II Tambah Tujuh Rute Baru

Rio Sandy Pradana
Senin, 12 Agustus 2019 - 07:27 WIB
Budi Cahyana
Angkasa Pura II Tambah Tujuh Rute Baru Calon penumpang antre masuk ke dalam terminal untuk lapor diri atau chek in di Termial 1 B Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (23/12/2018). - ANTARA/Muhammad Iqbal

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--PT Angkasa Pura II (Persero) menambah tujuh rute baik domestik maupun internasional oleh maskapai nasional. 

Ph. SVP of Corporate Secretary Angkasa Pura (AP) II Achmad Rifai mengatakan bahwa Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, mulai 9 Agustus 2019 menambah layanan penerbangan rute internasional menuju Subang di Malaysia. Rute Pekanbaru – Subang dan sebaliknya itu dioperasikan oleh Malindo Air sebanyak empat kali seminggu. 

Advertisement

Saat ini, Bandara Sultan Syarif Kasim II melayani penerbangan internasional dari dan ke Malaka (Malaysia), Kuala Lumpur (Malaysia), Subang (Malaysia), dan Singapura.

"Dibukanya rute Pekanbaru-Subang jelas guna mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Indonesia khususnya Riau," katanya dalam siaran pers, Minggu (11/8/2019).

Dia menambahkan Pekanbaru merupakan kota terbesar ketiga di Sumatra dan dikenal dengan industri perkebunan, serta sejumlah destinasi wisata. Dibukanya lebih banyak rute penerbangan dapat mendukung akselerasi pertumbuhan perekonomian dan pariwisata di Provinsi Riau. 

Sementara itu, lanjutnya, di Bandara Internasional Banyuwangi juga dibuka penerbangan Banyuwangi – Denpasar yang dioperasikan oleh Citilink. Penerbangan tersebut berdurasi 40 menit dengan menggunakan pesawat Airbus A320.

Dia mengatakan bahwa rute baru itu menjadi alternatif menarik bagi wisatawan nusantara dan mancanegara karena menghubungkan dua destinasi wisata ternama di Indonesia.

Pada 10 Agustus 2019, Bandara Internasional Banyuwangi juga membuka rute baru yakni Banyuwangi – Banjarmasin yang dioperasikan oleh Express Air. Rute baru ini menandakan pariwisata di Banyuwangi memang tengah tumbuh pesat sehingga rute destinasi itu semakin beragam.

Bandara lain yang memperluas konektivitas penerbangan adalah Bandara Husein Sastranegara di Bandung. Sebelumnya, Wings Air membuka rute dari Bandung ke Bengkulu, Jambi, Pangkalpinang, dan Tanjung Pandan yang dioperasikan dengan pesawat bermesin baling-baling ATR 72.

“Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung penataan penerbangan guna menyeimbangkan lalu lintas penerbangan di Jawa Barat. Melalui Bandara Husein Sastranegara dan Kertajati, sektor penerbangan dapat lebih optimal dalam mendukung perekonomian dan pariwisata,” ujarnya.

Berikut secara lengkap rute-rute baru yang dibuka di bandara-bandara AP II:

9 Agustus 2019
Bandara Sultan Syarif Kasim II, rute baru: Pekanbaru – Malaka
Bandara Banyuwangi, rute baru: Banyuwangi – Denpasar
Bandara Husein Sastranegara, rute baru: Bandung – Bengkulu, Bandung – Jambi, Bandung – Pangkalpinang, Bandung – Tanjung Pandan

9 Agustus 2019
Bandara Banyuwangi, rute baru: Banyuwangi – Banjarmasin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement