Ini 2 Kursi Menteri yang Jadi Incaran PDIP

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri (kanan), bersama Ketua DPP PDIP, Puan Maharani (kiri), bersalaman dengan simpatisan. - Solopos/M. Ferri Setiawan
09 Agustus 2019 18:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Dua posisi menteri dianggap layak didapat oleh PDIP.

Politisi PDI Perjuangan, Masinton Pasaribu, berharap partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri dapat jatah kursi Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi hingga Menteri Pertanian di Kabinet Jilid II pemerintahan Joko Widodo.

Masinton menilai banyak kader PDIP yang memiliki kemampuan untuk menempati posisi menteri tersebut.

"Kalau kami sih berharap portfolio Pertanian, Pedesaan itu PDI Perjuangan karena di situ banyak konstituennya," kata Masinton di Bali, Jumat (9/8/2019).

Kendati begitu, Masinton menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi sebagai presiden terpilih di periode 2019-2024. Ia menyebut hal itu sepenuhnya menjadi hak prerogatif Jokowi.

"Harapan kita. Tapi, tetap presiden yang menentukan," ujarnya.

Seperti diketahui, saat berpidato pada acara pembukaan Kongres V PDIP, Megawati Soekarnoputri di hadapan Jokowi - Ma'ruf Amin dan Ketua Umum Partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) meminta jatah kursi menteri terbanyak di Kabinet Jilid II.

Tak tanggung-tanggung, Megawati menolak jika Jokowi hanya akan memberikan empat kursi menteri kepada PDIP sebagai partai yang telah menjadikan dirinya sebagai presiden dua periode.

‎"Kalau Pak Jokowi ini PDIP mesti banyak. Kalau saya dikasih cuma empat. Emoh. Tidak mau," tutur Megawati seraya disambut gelak tawa para kader PDIP.

Permintaan Megawati itu pun langsung dijawab Jokowi saat dirinya berpidato. Jokowi menjamin kepada Megawati akan memberikan kursi menteri terbanyak untuk PDIP. Hanya, Jokowi tak menyebut berapa jumlah kursi menteri yang akan diberikan.

"Yang jelas PDI Perjuangan pasti yang terbanyak. Itu jaminannya saya," kata Jokowi.

Sumber : Suara.com